Begini Cara Bersihkan Paru-paru Setelah Berhenti Merokok

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2022 08:40
Danil penjaga toko tembakau melinting rokok tembakau di ruko kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat, 24/9. Penjualan rokok linting kini semakin diminati masyarakat, tidak hanya kalangan tua, tetapi juga oleh anak muda. Geliat rokok linting atau linting dewe (tingwe) yang dulunya dianggap lama, sekarang dapat bersaing dengan eksistensi rokok elektrik (vape). Danil mengatakan usaha menjual tembakau ini mulai sejak 2017 di Depok.

Jakarta, CNBC Indonesia - Berhenti merokok merupakan sebuah langkah luar biasa untuk menjaga kesehatan, terutama bagi organ paru-paru. Bagi Anda yang ingin membersihkan paru-paru yang rusak akibat kebiasaan buruk merokok, ternyata ada caranya. Meski tidak ada metode yang cepat untuk mengembalikan kesehatan paru-paru, beberapa hal berikut bisa membantu membuat fungsinya jauh lebih baik.

1. Olahraga

Cara yang satu ini terdengar klise tapi sebenarnya tidak. Nikotin dan racun yang berasal dari asap rokok perlu dikeluarkan agar tidak terus mengendap. Adapun caranya yakni dengan rutin berolahraga.

Ketika metabolisme tubuh meningkat dengan berolahraga, tubuh cenderung lebih cepat membakar nikotin yang dikeluarkan lewat keringat. Berolahraga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat seluruh sistem kardiovaskular. Sebaliknya, ketika Anda jarang bergerak, tubuh justru menjadi lemah sehingga memicu banyak penyakit.


Bagi orang yang baru berhenti merokok, olahraga membantu proses penyembuhan paru-paru serta meningkatkan sirkulasi tubuh.

2. Hindari polusi

Menghindari asap rokok, debu, dan bahan kimia berbahaya akan membantu menjaga fungsi paru-paru yang sehat. Sebaiknya jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan ketika kualitas udara buruk.

3. Minum banyak air putih

Minum banyak air putih bisa membantu membuang racun-racun tubuh yang mengendap, termasuk yang ada di dalam paru-paru. Saat minum banyak air Anda akan lebih teratur buang air kecil. Kemudian, nikotin yang menumpuk pada paru-paru sedikit demi sedikit akan dikeluarkan oleh tubuh melalui air urin.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu menghilangkan lendir dan racun di dalam paru-paru. Selain itu, minum banyak air juga membantu menjaga kesehatan dan fungsi organ agar dapat bekerja dengan maksimal.

4. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan dan minuman yang kaya antioksidan bagus untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan. Antioksidan mampu membantu melawan produksi lendir, cairan, dan dahak di dalam tubuh. Pasalnya pada perokok, lendir ini cenderung menumpuk di paru-paru dan saluran udara.

Buah dan sayuran mentah biasanya menjadi sumber antioksidan yang baik karena belum mengalami proses pengolahan apa pun. Sayuran seperti brokoli, bok choy, dan kol termasuk kaya kandungan antioksidan. Sayur-sayuran ini diyakini dapat menurunkan risiko kanker paru-paru baik pada perokok maupun mantan perokok.

5. Lakukan teknik pernapasan dalam

Asap tembakau dapat memperlambat pergerakan silia atau rambut-rambut kecil yang melapisi paru untuk mengeluarkan kotoran yang terperangkap di saluran udara. Sering-seringlah menghirup udara segar dan berhenti merokok supaya silia kembali bekerja secara efektif. Saat menghirup udara segar, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam secara perlahan.

Pernapasan dalam juga bisa membantu membawa lebih banyak oksigen ke paru dan mempercepat penyembuhan setelah operasi jantung.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading