Sering Tertipu Kecantikannya, Ini 7 Tanaman Hias Beracun

Lifestyle - Redaksi, CNBC Indonesia
24 December 2021 08:20
tanaman alokasia. Dok: blibli.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengoleksi tanaman hias memang mengasyikkan. Tak hanya enak dipandang, beberapa tanaman hias yang berharga fantastis juga bisa dijadikan sumber cuan. Namun, tetap hati-hati, karena di balik paras cantiknya, beberapa tanaman hias ternyata menyimpan racun yang bisa berbahaya jika sampai tertelan makhluk hidup, terutama hewan peliharaan dan anak kecil.

Berikut adalah daftar tanaman hias beracun yang telah dirangkum tim CNBC Indonesia.

1. Lidah Mertua (Sansevieria)


Memiliki corak daun dan warna yang indah, lidah mertua jadi salah satu tanaman hias paling populer di kalangan pencinta tanaman. Selain perawatannya yang mudah, tanaman ini juga berfungsi menyaring udara kotor. Namun, di balik manfaatnya, lidah mertua termasuk dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, tanaman ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar anak kecil tak bermain-main dengan lidah mertua.

2. Philodendron

Philodendron sering dijadikan pemanis di sudut ruangan. Tanaman ini juga sangat mudah beradaptasi dengan semua kondisi lingkungan. Jadi, hampir semua orang di berbagai daerah bisa menanam tanaman ini di rumah. Namun, perlu dicatat kalau philodendron beracun. Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

3. ZZ Plant (Zamioculcas Zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar sempat jadi rebutan banyak penggemar tanaman hias di Indonesia. Bentuk batangnya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang menjadi daya tarik ZZ Plant. Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dirawat karena cukup disiram satu kali seminggu.

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

4. Kuping Gajah

Di balik pesona warna serta bentuk daunnya yang menawan, kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup. Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya! Karena jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

5. Foxgloves

Tanaman hias berbentuk lonceng berwarna ungu ini memang sangat unik. Namun, jangan sampai Anda tertipu pesonanya. Tanaman foxgloves mengandung racun yang jika sampai tertelan, bisa menyebabkan kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung. Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan si kecil.

6. Daffodil

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil. Umumnya bunganya berwarna kuning yang cerah. Di balik kecantikannya, ternyata daffodil mengandung racun. Bila bagian umbi atau akarnya termakan bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

7. Wisteria

Tanaman Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan bisa menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bunda, Ini 7 Tanaman Hias Paling Favorit 2021


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading