Cek, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 December 2021 13:40
INFOGRAFIS, Harga Bawang Bombay dan Gula Pasir Melambung Tinggi

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki jumlah kolesterol terlalu tinggi ternyata dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan kadar tinggi dapat memicu datangnya penyakit, seperti asam urat.

Ternyata ada beberapa makanan yang dianggap mampu menurunkan kolesterol dan asam urat. Lantas apa sajakah itu? berikut paparannya yang dirangkum CNBC Indonesia.

1. Asam Jawa


Makanan penurun kolesterol dan asam urat salah satunya adalah asam jawa. Pasalnya, kandungan serat pada asam jawa dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari aliran darah. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi jumlah kolesterol pada tubuh.


2. Brokoli

Brokoli adalah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang segar, brokoli juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C, float, serta glukosinolat pada brokoli dipercaya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya menurunkan kolesterol dan asam urat.


3. Oat

Oat yang terbuat dari gandum, mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan di oat juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.


4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi dan raspberry mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Buah beri memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain menurunkan kolesterol, buah beri juga bisa menurunkan kadar gula darah dan asam urat.


5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dan mengurangi inflamasi/peradangan pada arteri. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.


6. Sirsak

Salah satu penurun kolesterol dan asam urat adalah buah sirsak. Sirsak memiliki beberapa kandungan yang berfungsi efektif mengontrol kolesterol.

Kandungan vitamin C, kalsium, hingga karbohidrat pada sirsak dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi asam urat. Selain itu, buah sirsak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.


7. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang bombay mengandung flavonoid yang dikenal sebagai quercetin, zat ini bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri.

Sama halnya dengan bawang bombay, bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol, mencegah sumbatan di pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan membantu tubuh melawan infeksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

21 Makanan 'Penghancur' Kolesterol yang Ampuh dan Aman


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading