Internasional

Orang Kaya Mah Beda! Miliarder Jepang Wisata ke Luar Angkasa

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
06 December 2021 14:05
Zozo founder Yusaku Maezawa attends a news conference Thursday, Sept. 12, 2019, in Tokyo. Yahoo Japan Corp. said Thursday, Sept. 12, 2019 it will put up a tender offer, estimated at 400 billion yen ($3.7 billion), for Zozo Inc., a Japanese online retailer started by a celebrity tycoon. (AP Photo/Jae C. Hong) Foto: Yusaku Maezawa (AP Photo/Jae C. Hong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Miliarder asalĀ Jepang Yusaku Maezawa dijadwalkan akan melakukan wisata ke luar angkasa pada Rabu (8/12/2021). Perjalanan ini akan dilakukan dengan peluncur buatan Rusia.

Rencananya Maezawa akan diterbangkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan ditemani asistennya Yozo Hirano. Mereka akan menggunakan roket peluncur yang bernama Soyuz.

"Pada Minggu pagi, pesawat ruang angkasa Soyuz mereka dengan bendera Jepang dan logo "MZ" untuk nama Maezawa dipindahkan ke landasan peluncuran dalam cuaca basah yang tidak biasa untuk Baikonur," lapor AFP dikutip Senin, (6/12/2021).

Maezawa sendiri mengaku akan menghabiskan 12 hari di ISS. Orang terkaya ke-30 Jepang itu juga akan mendokumentasikan perjalanannya di kanal Youtubenya yang memiliki 750 ribu subscriber.

"Saya hampir menangis karena kesan saya, ini sangat mengesankan," kata Maezawa.

Perjalanan Maezawa sendiri merupakan titik balik bagi Rusia yang saat ini sedang getol dalam mempromosikan paket luar angkasanya. Hal ini juga dilakukan ketika beberapa perusahaan swasta di Negara-negara Barat juga mulai melaksanakan hal serupa.

Pada bulan September, SpaceX mengoperasikan penerbangan bersejarah yang membawa kru sipil pertama dalam perjalanan tiga hari mengelilingi orbit Bumi dalam misi yang disebut Inspiration4.

Blue Origin, perusahaan pendiri Amazon Jeff Bezos, menyelesaikan dua misi di luar atmosfer Bumi. Para penumpang termasuk bintang Star Trek berusia 90 tahun William Shatner dan Bezos sendiri.

Segera setelah itu, miliarder Richard Branson melakukan perjalanan dengan pesawat ruang angkasa Virgin Galactic-nya yang juga menawarkan beberapa menit tanpa bobot sebelum kembali ke Bumi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anak Ajaib! Bocah 12 Tahun Ini Hasilkan Rp 5,7 M per Tahun


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading