5 Cara Simpan Daging Ayam di Kulkas & Freezer, Awet 9 Bulan!

Lifestyle - Glugut Hari Pamungkas, CNBC Indonesia
06 December 2021 10:31
Daging Ayam Fillet (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Daging ayam merupakan bahan makanan mentah yang sangat mudah rusak. Di dalamnya terdapat banyak bakteri yang bisa merusak kualitas daging ayam tersebut.

Maka dari itu pastikan Anda menyimpannya secara benar agar daging tidak mudah busuk. Daging ayam disarankan untuk disimpan di kulkas secara terpisah dari makanan-makanan matang.


Simak cara simpannya di bawah ini:

1. Jangan Cuci Daging Ayam
Masih banyak yang menganggap bahwa setelah membeli daging ayam maka harus segera dicuci agar daging menjadi bersih. Padahal, jika ingin menyimpannya menjadi stok makanan, ayam tidak perlu dicuci terlebih dahulu.

Mencuci daging ayam saat akan dimasak pun tidak direkomendasikan. Karena dapat memercikan sari daging mentah dan bakteri-bakteri yang ada pada ayam ke alat-alat sekitar. Lagipula, mencuci daging ayam mentah tidak menjamin menghilangkan bakteri yang menempel.

Cukup rebus daging ayam sebentar ketika akan memasaknya, lalu buang air dan siram dengan air mengalir. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memegang daging mentah agar tidak terjadi kontaminasi silang pada makanan atau benda lain. Jika ingin menyimpannya di dalam kulkas, Anda tidak perlu mencuci daging tersebut.

2. Gunakan Wadah Tertutup
Jika ingin menempatkan daging ayam di kulkas, silahkan bungkus terlebih dahulu ayam dengan plastik atau ditempatkan di dalam wadah yang tertutup. Hal ini bertujuan agar aroma daging mentah tidak memengaruhi makanan lain yang ada di kulkas.

Lalu mencegah adanya sari daging ayam yang menetes ke makanan lain. Sari daging yang menetes bisa sangat berbahaya apalagi jika mengenai produk yang langsung dikonsumsi tanpa dimasak seperti buah-buahan.

3. Simpan Dengan Suhu Kulkas di bawah 5 Derajat Celcius
Daging ayam harus disimpan di kulkas pada suhu di bawah 5 derajat celcius agar memperlambat perkembangan bakteri dan mencegah adanya kerusakan pada daging. Ayam yang disimpan pada suhu kulkas harus segera dimasak dalam waktu 48 jam atau 1 - 2 hari.

Sementara daging ayam yang matang bisa bertahan di kulkas selama kurang lebih 3 - 4 hari, sama halnya dengan daging unggas lainnya. Jika dibiarkan pada suhu kulkas lebih lama, kemungkinan besar daging sudah mulai membusuk. Anda bisa mengecek ayam yang sudah busuk dari perubahan warna, bau dan tekstur.

4. Simpan di Rak Bawah Kulkas
Jika ingin menyimpannya di kulkas, usahakan menyimpan daging pada bagian rak bawah kulkas. Jangan lupa untuk membungkus atau menaruhnya di wadah tertutup. Hal ini untuk menghindari sari daging yang menetes ke makanan lain.

5. Simpan di Freezer Agar Tahan Lebih Lama
Jika Anda ingin daging ayam tahan lebih lama, silahkan bekukan daging yang masih segar ke dalam freezer dengan suhu di bawah minus 20 derajat celcius. Ayam mentah yang sudah dipotong-potong dan disimpan di freezer akan bertahan hingga 9 bulan lamanya.

Berbeda dengan ayam mentah utuh yang dibekukan, akan awet hingga satu tahun lamanya. Sementara ayam yang sudah matang, bisa disimpan di freezer dan akan awet hingga 2 - 6 bulan. Tips jika ingin memasak daging ayam yang beku, silahkan cairkan terlebih dahulu di dalam lemari es atau dengan menggunakan oven microwave.

Hindari mencairkan daging ayam yang beku pada suhu ruang. Hal itu akan menyebabkan bakteri pada daging berkembang biak dengan cepat dan berpotensi berbahaya.

Halaman 2>>

Ciri-ciri Daging Ayam Busuk
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading