3 Cara Minum Kopi yang Benar Agar Produktivitas Meningkat

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
17 November 2021 13:55
A picture of North Korean leader Kim Jong Un is printed on the top of milk foam of a latte at a coffee shop in Jeonju, South Korea, June 1, 2018. Picture taken June 1, 2018.     REUTERS/Kim Hong-Ji

Jakarta, CNBC Indonesia - Minum kopi merupakan salah satu hal yang lazim untuk meningkatkan fokus bekerja. Pasalnya kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf otak.

Namun seringkali juga setelah meminum kopi justru timbul rasa kantuk atau lelah. Di beberapa kasus, meminum kopi justru membuat perut merasa kurang nyaman.


Lalu bagaimana sebenarnya cara meminum kopi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan fokus, berikut tipsnya dikutip dari CNBC International:

1. Jangan minum kopi saat bangun tidur

Meminum kopi saat bangun tidur justru merupakan hal yang kurang tepat. Pakar ilmu manajemen dan perilaku Daniel Pink menyebut bahwa waktu terbaik untuk minum kopi pertama Anda adalah sekitar 60-90 menit setelah Anda bangun.

Hal ini dikarenakan kafein mengganggu produksi kortisol, hormon yang memberi sinyal pada tubuh Anda untuk bangun dan responsif. Menurut penelitian ini, kadar kortisol biasanya mencapai puncaknya sekitar pukul 08:30.

"Orang-orang menikmati secangkir kopi di pagi hari dengan cara yang hampir membuat ketagihan," kata Pink. "Tapi kita jauh lebih baik membiarkan kortisol kita memuncak, secara alami, lalu ketika mulai menurun, masuk dan pukul dengan dorongan kafein dalam kopi."

2. Pilih bahan yang tepat

Biji kopi memiliki kadar kafein yang berbeda-beda tergantung cara sangrainya. Jika Anda merasa lesu dan mencari dorongan energi yang lebih kuat, raihlah kopi berlabel "light roast", saran Mike Balderrama, seorang ahli kopi dari Counter Culture Coffee.

"Semakin gelap Anda memanggang kopi, semakin banyak kafein yang terbakar," jelasnya.

3. Coba "nappucino"

Nappucino adalah cara meminum kopi sebelum melakukan tidur siang singkat. Menurut studi di Inggris dan Jepang, cara ini dapat menambah fokus bila dibandingkan dengan meninum kopi saja atau tidur siang saja.

Hal ini bukan tanpa alasan. Tidur menurunkan jumlah adenosin, bahan kimia yang membuat Anda merasa lelah, di otak dan tubuh Anda. Semetara itu, kafein, yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memulai, membantu memblokir adenosin.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading