Internasional

Bahaya! Jangan Konsumsi Produk Pelangsing Mengandung Zat Ini

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 November 2021 14:35
Ilustrasi (Image by AVAKA photo from Pixabay )

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga orang di Singapura mengalami efek samping seperti jantung berdebar dan mual setelah mengkonsumsi produk pelangsing yang mengandung zat sibutramine. Zat ini merupakan zat terlarang, yang juga tak diperkenankan di Indonesia.

Health Sciences Authority (HSA) Singapura mengatakan konsumen juga bisa mengalami palpitasi, mual, haus yang ekstrem, migrain atau pusing setelah mengkonsumsi produk tersebut. Di Singapura zat ini ditemukan dalam produk diet bermerek Magic Mocha, Thao Moc Ho Tro Giam Beo Cenly, dan Cynthia Beauty EazyS Instant Coffee Powder dan masih dijual bebas di situs e-commerce seperti Lazada dan Shopee serta platform media sosial Facebook dan Instagram.


"Mereka dipasarkan dengan klaim menyesatkan. Termasuk 'cepat kurus', 'membakar lemak', 'mengurangi penyimpanan lemak' dan 'mempercepat pemecahan lemak yang membandel'," kata HSA, dikutip dari Channel News Asia (CNA), Rabu (10/11/2021).

HSA menambahkan jika dikonsumsi berkelanjutan, produk-produk tersebut dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius. Mulai dari masalah jantung dan gangguan sistem saraf pusat seperti psikosis dan halusinasi.

Singapura sendiri telah melarang sibutramine sejak 2010 karena peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Siapa pun yang menjual atau memasok produk dengan zat terlarang dapat dituntut dan dipenjara hingga dua tahun, didenda hingga SG$ 10.000 atau keduanya jika terbukti bersalah.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading