Yuk Coba, Ini 5 Tips Diet Kecilkan Perut Buncit Alami

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 November 2021 13:50
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk "menghempaskan" perut buncit banyak orang melakukan berbagai usaha. Salah satunya seperti mengonsumsi berbagai suplemen.

Namun mengonsumsi suplemen diet terus menerus dikatakan sangat berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah cara sederhana mengecilkan perut buncit secara alami dan aman dilakukan mengutip dari Healthline.


1.Konsumsi sedikit karbohidrat olahan

Makan lebih sedikit karbohidrat olahan adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat sangat efektif untuk menghilangkan lemak di daerah perut dan organ hati.

Karbohidrat olahan biasanya dapat ditemukan pada roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Anda dapat mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum.

2.Konsumsi banyak protein

Mengonsumsi banyak protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar, sehingga menjadikannya cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa protein sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut.

Dilansir dari Medical News Today, sumber protein tanpa lemak dapat ditemukan pada kacang-kacangan dan daging tanpa lemak. Menambahkan ini ke dalam makanan dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk camilan manis

Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi daging berlemak, termasuk daging sapi dan daging olahan.

3. Jangan makan dan minum dengan pemanis gula

Makanan dan minuman dengan tambahan gula bisa menjadi faktor utama kenaikan berat badan, terutama di daerah perut dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa, kelebihan gula dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan organ hati.

Gula terdiri dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Ketika Anda mengonsumsi banyak gula tambahan, hati akan kelebihan fruktosa dan dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak.

Biasanya, produk dengan gula tinggi terdapat pada minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, dan berbagai minuman olahraga instan.

4. Konsumsi makanan mengandung serat

Sebuah riset menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, yaitu suatu kondisi yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan mengatasi kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

Selain itu, mengonsumsi sebanyak 10 gram serat larut per hari juga dikaitkan dengan pengurangan 3,7% jumlah lemak di rongga perut. Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, termasuk sayuran, buah, kacang-kacangan, serta beberapa sereal, seperti gandum utuh.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang hidup panjang, terhindar dari penyakit, dan tentunya mengurangi lemak perut yang membuat perut terlihat buncit.

Anda bisa mencoba lakukan latihan kardio yang bisa memompa jantung, membakar kalori, mengurangi lemak perut,dan mengencangkan otot. Beberapa yang termasuk latihan kardio adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

9 Cemilan Untuk Diet, Bebas Ngemil Tanpa Khawatir Berat Naik


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading