Bikin Melongo, Ini Deretan Tanaman Hias Seharga Ratusan Juta!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 September 2021 19:54
Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me) Foto: Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah tanaman hias kini mendadak "naik daun". Beberapa tanaman hias dengan bentuk unik dan tampilan indah turut menjadi populer.

Kemudahan dalam perawatan juga menjadi salah satu alasan tanaman hias banyak diminati oleh masyarakat.

Namun ternyata, beberapa tanaman hias bahkan memiliki harga fantastis hingga ratusan juta.


Lantas tanaman apa saja yang bernilai ratusan juta rupiah tersebut? Berikut adalah tanaman hias bernilai ratusan juta, seperti yang dirangkum CNBC Indonesia:

1. Monstera variegata

Monstera variegata merupakan tanaman hias daun yang paling banyak dicari tahun ini. Ukuran daunnya yang besar mampu membuat rumah Bunda terlihat lebih asri seketika.

Daya tarik monstera variegata terletak pada warna daunnya nih. Daun monstera variegata memiliki kombinasi warna putih dan hijau.

Budidaya yang sulit membuat harga monstera variegata ini sangat mahal. Kalau dilihat di situs belanja online, harganya bervariasi dari Rp 750 ribu hingga ratusan juta rupiah.

Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)Foto: Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)
Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)


2. Janda Bolong

Tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii Variegata sendiri merupakan tanaman hias yang unik karena daunnya terdapat lubang alias bolong-bolong.

Tanaman Janda Bolong yang harganya bukan main bikin mendelik pun juga tidak mengurangi banyak peminatnya. Tanaman ini banyak diburu, bahkan untuk harga per daunnya saja bisa mencapai Rp 40 juta.

Ilustrasi tanaman hias janda bolong Hijau (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Ilustrasi tanaman hias janda bolong Hijau (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Ilustrasi tanaman hias janda bolong Hijau (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


3. Anggrek Papua

Tanaman Anggrek Papua termasuk dalam golongan tumbuhan langka. Siapa sangka, harganya kini dapat mencapai Rp 100 juta.

Secara karakteristik, tanaman yang cantik ini memiliki kelopak berwarna hitam legam dengan putik berwarna merah muda cerah.

Kelopak berwarna hitam ini membuatnya beda dari anggrek lainnya.

Karena bentuknya yang estetik, banyak orang mulai berlomba mencari bibit tanaman termahal ini dan mulai membudidayakan anggrek hitam Papua.


4. Philodendron minima

Salah satu tanaman hias termahal di dunia adalah philodendron jenis minima variegata.

Seorang ahli botani dari Selandia Baru berhasil menjual tanaman ini dengan harga yang fantastis, yaitu US$ 8.150 atau setara dengan Rp 115 juta.

Bukan tanaman berukuran besar, ternyata harga Rp 115 juta ditujukan untuk anakan philodendron yang hanya memiliki empat daun.

Tanaman yang disebut dengan mini monstera ini ternyata sangat diminati oleh kolektor tanaman hias di seluruh dunia.

Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)Foto: Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)
Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)


5. Mawar Juliet

Mawar juliet memiliki kelopak bunga yang indah dengan warna yang lembut.

Bunga termahal di dunia ini dapat mencapai harga US$ 3-5 juta atau setara dengan Rp 42 miliar hingga Rp 71 miliar. Hal ini karena mawar juliet baru dapat berbunga dan dipanen setelah 15 tahun.

Mawar Juliet (Image by Vũ Đỗ from Pixabay)Foto: Mawar Juliet (Image by Vũ Đỗ from Pixabay)
Mawar Juliet (Image by Vũ Đỗ from Pixabay)


6. Anggrek Emas

Rothschild's Orchid atau Anggrek Emas Kinabalu ditemukan pada tahun 1987 dan keberadaannya hampir punah karena kerap kali dijarah untuk diselundupkan.

Saat ini, tanaman ini sangat langka dan hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Kinabalu Malaysia.

Anggrek ini bernilai US$ 5 ribu atau setara dengan Rp 71 juta per tangkainya saja.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading