Mau Perut Rata? Ikuti Tips Olahraga Ringan Ini

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 September 2021 15:50
Seekor kucing duduk di Meaghan Brosnan selama kelas yoga kucing di kafe kucing Brooklyn di Brooklyn, New York, AS (REUTERS / Jeenah Moon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki perut buncit tentunya bisa merusak penampilan. Untuk itu, berbagai hal perlu dilakukan demi mengatasinya, salah satunya yaitu dengan cara berolahraga.

Untuk mendapatkan perut rata idaman, Anda bisa menurunkan terlebih dahulu persentase lemak tubuh. Tidak lupa, lakukan olahraga dengan beberapa gerakan mudah secara konsisten.

Berikut adalah beberapa olahraga ringan untuk meratakan perut dan berotot:


Plank

Plank bisa jadi pilihan olahraga mengecilkan perut sebelum tidur. Plank juga bermanfaat untuk membakar lemak perut menjadi otot.

Selain itu, plank tidak membutuhkan banyak alat maupun ruang. Anda cukup mencoba gerakan plank di atas matras olahraga.


Yoga

Mengutip Healthline, yoga juga sangat efektif menurunkan berat badan. Olahraga yang satu ini dapat membakar banyak kalori, serta menawarkan beragam manfaat untuk memicu penurunan berat badan.

Berdasarkan studi, terungkap orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam sepekan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,8 cm.

Selain membakar kalori, yoga bisa meningkatkan sugesti untuk tidak mengonsumsi makanan yang tak menyehatkan, mengontrol makan berlebih, dan memahami waktu lapar.


Bersepeda

Umumnya bersepeda dilakukan di luar ruangan. Namun, di masa pandemi seperti saat ini, menggunakan alat kardio sepeda statis bisa menjadi solusi.

Anda masih bisa bersepeda meski di dalam ruangan, namun mendapat manfaat yang sama. Penelitian Harvard Health mencatat bahwa orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar hingga 260 kalori dengan bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 19-22 km per jam.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat membuat fisik menjadi lebih prima dan menjauhkan diri dari risiko penyakit jantung dan kanker.


Sit up

Sit up merupakan jenis latihan olahraga dasar yang berfokus pada perut.

Gerakan sit up memusatkan kontraksi otot pada bagian perut. Beratnya kerja otot perut bisa memicu berkurangnya lemak perut.

Selain itu, sit up mampu meningkatkan performa atletik seseorang serta menyeimbangkan postur tubuh. Manfaat lainnya yang Anda dapatkan dari sit up adalah meningkatnya kesehatan pernapasan perut.

Sit up dapat dilakukan di mana saja meski tak banyak ruang tersedia.

Sit up tidak membutuhkan alat tambahan kecuali bagi Anda yang biasa menggunakan matras untuk alat berolahraga.


Berenang

Berenang bisa jadi salah satu pilihan olahraga lainnya untuk mengurangi berat badan.

Berenang termasuk olahraga yang tidak memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh, sehingga Anda tetap nyaman tanpa membebani kaki untuk menopang badan.

Ketika berenang, cukup banyak anggota tubuh yang bergerak di antaranya lengan dan paha.

Penelitian Harvard Health memperkirakan orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar sekitar 233 kalori dengan berenang selama 30 menit.

Berenang juga tergolong ramah pada sendi-sendi tubuh sehingga minim cedera.

Namun di tengah masa pandemi Covid-19 ini, Anda baiknya menghindari berenang di fasilitas publik karena air bisa jadi media penularan virus corona.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading