Biar Ganteng & Cantik Maksimal, 7 Cara Bersihkan Komedo

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 September 2021 15:25
Ilustrasi Komedo. (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki komedo pada wajah merupakan hal yang sangat menyebalkan.Bagaimana tidak, hal ini tentu bisa merusak penampilan.

Komedo sendiri memang lebih sering terjadi pada wajah terutama hidung. Untuk mengatasi komedo ada beberapa cara yang bisa dilakukan.


Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya dirangkum CNBC Indonesia.

Teratur Membersihkan Wajah

Anda dianjurkan untuk rutin mencuci muka di pagi dan malam hari. Selain waktu yang dianjurkan di atas, Anda pun perlu membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan pengeluaran keringat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori wajah Anda.Perlu diingat, jangan membersihkan wajah terlalu berlebihan. Sebab, hal itu dapat merangsang pembentukan minyak wajah lebih banyak.

Lakukan ekstraksi

Anda mungkin sering mendengar bahwa mengangkat komedo secara langsung dapat memperburuk kondisi wajah Anda. Pernyataan itu benar adanya.

Faktanya, ketika telah terjadi peradangan pada jerawat atau komedo di wajah ataupun di area sekitar hidung, tindakan ini dapat memperparah kondisi. Namun, Anda dapat secara rutin mengangkat komedo dengan bantuan tenaga ahli untuk hasil yang lebih baik.

Pakai sikat pembersih kulit

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah menyikat pori kulit menggunakan sikat pembersih khusus. Langkah ini dapat membantu membersihkan kotoran penyebab komedo sekaligus memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Namun, pastikan untuk selalu menghidrasi kulit Anda kembali setelah menggunakan sikat ini. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit Anda.

Chemical peeling

Chemical peeling biasanya digunakan sebagai terapi anti penuaan karena dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, terapi ini juga baik dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.

Chemical peeling merupakan sebuah terapi pengangkatan kulit mati hingga lapisan terdalam dan pengecilan pori-pori wajah. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah.

Halaman 2>>

Pakai Minyak Pohon Teh hingga Masker Alami
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading