Angelina Jolie Unggah Surat dari Wanita Afghanistan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 August 2021 21:30
Angelina Jolie (ASSOCIATED PRESS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Artis Angelina Jolie mengunggah sebuah surat pada akun Instagramnya. Ini merupakan unggahan perdananya yang menyoroti penderitaan wanita muda di Afghanistan setelah Taliban kembali berkuasa di negara itu.

Unggahan berupa foto surat tulisan tangan itu diberi keterangan 'A Letter from an Afghan Girl' (surat dari seorang gadis Afghanistan).

Dalam keterangan unggahannya, ia menulis bahwa itu adalah surat yang diterimanya dari seorang remaja di Afghanistan. Saat ini, masyarakat Afghanistan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri secara bebas.


"Ini adalah surat yang dikirimkan dari seorang gadis remaja di Afghanistan. Saat ini, masyarakat Afghanistan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri secara bebas. Jadi saya datang di Instagram untuk berbagi cerita dan suara mereka di seluruh dunia yang berjuang untuk hak asasi mereka," tulis Angelina Jolie menyertai unggahannya.

"Saya berada di perbatasan Afghanistan dua minggu sebelum 9/11, di mana saya bertemu dengan para pengungsi Afghanistan yang melarikan diri dari Taliban. Ini dua puluh tahun yang lalu," tambahnya.

"Sungguh memuakkan melihat warga Afghanistan terlantar lagi karena ketakutan dan ketidakpastian yang telah mencengkeram negara mereka."

"Menghabiskan begitu banyak waktu dan uang, mengalami pertumpahan darah dan kehilangan nyawa hanya untuk sampai pada hal ini, adalah kegagalan yang hampir mustahil untuk dipahami."

"Menyaksikan selama beberapa dekade bagaimana pengungsi Afghanistan - beberapa orang yang paling mampu di dunia - diperlakukan seperti beban, juga memuakkan. Mengetahui bahwa jika mereka memiliki alat dan rasa hormat, berapa banyak yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri. Dan bertemu dengan begitu banyak wanita dan gadis yang tidak hanya menginginkan pendidikan, tetapi juga berjuang untuk itu," tulisnya di unggahan yang mendapat lebih dari 1,3 juta likes dalam 13 jam setelah diunggah.

"Seperti orang lain yang berkomitmen, saya tidak akan berpaling. Saya akan terus mencari cara untuk membantu. Dan saya harap Anda akan bergabung dengan saya," ucapnya.

Tal pelak, unggahan ini membuat para warganet bersimpati dan mereka juga meramaikan kolom komentar di postingan tersebut. Ada yang memberi dukungan, banyak juga yang mengucapkan terima kasih atas kepedulian Angelina Jolie.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penjahat Seks Ini Buat Brad Pitt Ribut dengan Angelina Jolie


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading