Kontroversial, China Buat 3 Film Marvel Ini di Ujung Tanduk

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 August 2021 16:10
Black Widow Scarlet Jiohnson (Marvel Studios)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga film superhero Marvel Studios seperti 'Black Widow', 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings' dan 'Eternals', pada tahun 2021 sedang berada di ujung tanduk. Ketiga film tersebut kemungkinan tidak akan disetujui untuk rilis di China.

Ini terkait langkah-langkah kontrol ketat untuk memerangi wabah Covid-19 yang kembali naik karena varian Delta. Mengutip Asia One, ruang publik di banyak wilayah ditutup untuk mengekang penyebaran corona.


Meski sudah ada di bioskop global di akhir Juli, Black Widow tak kunjung bisa masuk China. Dua film Marvel lainnya, yakni Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dan Eternals, yang masing-masing akan dirilis secara internasional pada bulan September dan November, juga kemungkinan tak akan pernah tayang di Negeri Tirai Bambu.

Namun ternyata bukan cuma itu. Sikap jingoisme (patriotisme ekstrem) juga jadi hal lainnya. "Ini terkait memburuknya hubungan China dan Amerika Serikat (AS)," kata sumber industri.

Black Widow melibatkan informasi negatif tentang Uni Soviet dan Rusia, yang dianggap China sebagai sekutu. Shang-Chi telah dikritik karena mendasarkan ayah karakter utama sebagai penjahat China.

Fu Manchu, nama tokoh antagionis dalam film itu, adalah penjahat fiksi yang diciptakan oleh Sax Rohmer. Namun, pengamat China menilai, tokohnya sendiri rupanya terkait ketakutan Barat terhadap "Bahaya Kuning", sebuah metafora rasis yang menggambarkan teori xenofobia kolonialisme.

Sedangkan Eternals diboikot oleh beberapa orang karena sutradaranya adalah Chloe Zhao, seorang sutradara Amerika keturunan Tiongkok. Ia sebelumnya pernah menyinggung  negara itu sebagai tempat di mana ada kebohongan di mana-mana.

Marvel Studios tentu tidak sendirian. Film rumah produksi lain seperti Warner Bros' Space Jam: A New Legacy, Disney's Jungle Cruise dan DC Films 'The Suicide Squad' semuanya belum menerima tanggal rilis di China.

"Kami tidak tahu apakah film-film ini disetujui sama sekali. Ini benar-benar tidak dapat diprediksi, terutama karena wabah Covid-19 terus berlanjut," kata seorang pekerja staf di jaringan teater terkemuka China Film Stellar.

"Terlalu banyak ketidakpastian untuk film sekarang. Bahkan jika rilis dijadwalkan, masih sangat mungkin untuk dibatalkan atau diubah," ungkap seorang manajer di Wanda Film, jaringan bioskop besar lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Duka, Aktor Senior Hollywood Ini Meninggal Dunia


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading