Cerita Warga RI Rela Terbang ke AS Sebulan Demi Vaksin Pfizer

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
29 July 2021 09:08
A member of staff administers the Pfizer-BioNtech COVID-19 vaccine to a member of the public at Hyde Leisure Centre near, England, Friday Jan. 8, 2021. Mass vaccination hubs in London, Newcastle, Manchester, Birmingham, Bristol, Surrey and Stevenage are due to begin operations next week. ( AP Photo/Jon Super) Foto: AP/Jon Super

Terlepas dari pengalamannya dalam mendapatkan suntikan vaksin Pfizer di AS, Chandra mengaku tidak begitu menyarankan orang mengikuti jejaknya. Apalagi jika orang tersebut belum pernah sama sekali berkunjung ke Negeri Paman Sam.

"Intinya jangan dipaksakan. Ini tergantung kemampuan orang masing-masing. Posisi saya ini sudah paham dan terbiasa dengan Amerika karena pernah kuliah dan kerja di sana, jadi menurut saya pas saja untuk vaksinasi di sana," katanya.

Ia tidak menganjurkannya karena vaksinasi di AS penuh dengan potensi masalah mendadak, apalagi saat traveling di masa pandemi seperti ini.

"Saya anjurkan kalau misalnya ada anak lagi sekolah di sana, resiko-resiko lebih kecil. Kalau untuk orang yang belum berpengalaman ke Amerika dan tidak ada saudara atau kenalan, saya tidak anjurkan," tambahnya.

Chandra mengatakan untuk menyiapkan mental terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk, serta memiliki banyak rencana A hingga Z saat ingin mendapatkan vaksin di AS.

"Kemungkinan terburuk misalnya hasil tes positif sebelum terbang. Jika terjadi seperti ini, sudah persiapkan plan lain tidak? Kalau saya sendiri sudah siap menghadapi segala kemungkinan-kemungkinan terburuk. Kalau misalnya kami sekeluarga positif saat di AS, kami akan sewa rumah dan stay untuk isoman," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
HALAMAN :
1 2 3 4
Artikel Selanjutnya

Para Wanita Klaim Payudara Membesar Pasca Suntik Vaksin Ini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading