Cerita Warga RI Rela Terbang ke AS Sebulan Demi Vaksin Pfizer

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
29 July 2021 09:08
Chandra firmanto (Dok. Ist via Chandra firmanto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksinasi yang lambat saat kasus infeksi melonjak tinggi di Indonesia membuat Chandra Firmanto ketar-ketir. Pasalnya keluarganya belum mendapatkan perlindungan dari vaksin apapun.

Ia pun memutuskan terbang ke Amerika Serikat (AS) dengan tujuan utama mendapatkan vaksinasi dua dosis Pfizer. Bukan hanya untuknya tapi istri serta ketiga anaknya.


Kepada CNBC Indonesia, founder dari Indogen Capital ini menceritakan pengalamannya dan keluarga saat berada di Negeri Paman Sam selama sebulan untuk mendapatkan vaksin dua dosis Pfizer.

"Saya tanya-tanya beberapa teman di Amerika (mengenai vaksin di sana). Sekitar bulan Maret, proses (untuk pelancong mendapatkan) vaksin masih susah. Kalau mau divaksin pasti akan ditanya proof of residency atau bukti tinggal di sana," katanya melalui panggilan telepon pada Rabu (28/7/2021).

Meski begitu, pria kelahiran 1980 terus mengikuti perkembangan mengenai vaksinasi di AS guna mendapatkan kesempatan vaksin. Hingga saat Pemerintah AS membuat kemudahan akses dan proses warga untuk vaksin pada Mei 2021, Chandra dan keluarga langsung terbang ke AS pada Juni.

"Ternyata untuk mendapatkan vaksin semakin gampang. (Tidak perlu bukti tinggal) sudah bisa menerima orang hanya menggunakan alamat dan nomor telepon," ungkapnya.

Chandra mengungkapkan jika proses registrasi vaksin di AS sangat mudah. Apalagi ia memiliki sepupu yang tinggal di San Francisco, sehingga ia dan keluarganya dapat menggunakan alamat dan nomor telepon saudaranya untuk mendaftarkan diri dan membuat janji untuk vaksin.

"Untuk proses registrasi vaksin sendiri sangat mudah. Di AS sudah semakin dipermudah, bahkan sejak Mei orang tidak perlu bikin appointment untuk vaksin, tinggal walk in ke lokasi-lokasi vaksinnya saja," ujarnya.

Namun Chandra mengaku membuat janji vaksin beberapa hari sebelumnya.

"Tiga hari sebelum vaksin, sudah bisa bikin appointment. Di setiap negara bagian itu berbeda-beda ya cara appointment-nya, ada website masing-masing. Kalau saya bikin appointment lewat myturn.ca.gov, punya California," katanya.

"Lewat website itu, kita bisa langsung pilih mau vaksin dengan apa, ada Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. Lokasi vaksinasinya di mana, itu bisa dipilih," katanya.

"Vaksin juga gak bayar apa-apa. Gratis."

Halaman 2>>

Proses Vaksin yang Cepat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading