Apa Benar Hak Cipta Lagu 'Butter' BTS Bermasalah?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 July 2021 19:00
In this video grab provided by CBS and the Recording Academy, BTS performs

Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak agensi boy grup asal Korea Selatan, BTS, akhirnya angkat bicara terkait masalah hak cipta lagu yang sedang ramai diperbincangkan.

Sebelumnya, isu itu mencuat di komunitas online yang menyebut lagu Butter memiliki melodi yang sama dengan lagu milik Luca Debonaire.

Lagu Luca yang berjudul You Got Me Down itu dirilis pada 2020 lalu. Luca mengungkapkan dirinya membeli topline lagu itu pada 2019 dari Sebastian Garcia yang juga dikreditkan sebagai komposer 'Butter' yang dibawa BTS.


Hal tersebut pun menimbulkan pertanyaan tentang potensi masalah hak cipta dengan penulis lagu Sebastian Garcia yang memakai topline yang sama di dua lagu yang berbeda.

Sebagai tanggapan, Big Hit Music menyebut pihaknya sama sekali tidak memiliki masalah soal hal cipta dari lagu tersebut. Berikut rilis pernyataan Big Hit Music terkait hak cipta yang dilansir Soompi.

"Telah dikonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta terkait Butter. Ini adalah lagu yang telah diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini mengenai hak lagu tersebut."

"Namun, kami menyadari klaim bahwa ada masalah terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik 'Butter'."


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading