Internasional

Heboh, Pistol Mirip Lego Buat Geger AS

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 July 2021 12:55
Senjata Block19 yang terbuat dari mainan Lego. (Tangkapan Layar Instagram @culperprecision)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah produsen senjata di Amerika Serikat (AS) memicu kontroversi. Pasalnya, perusahaan menjual kit yang membuat pistol Glock asli terlihat seperti pistol mainan Lego anak-anak.

Didesain bata berwarna-warni, senjata semi-otomatis ini sangat mirip dengan mainan Lego. Pembuat senjata itu memasarkannya sebagai Block19, yang dijual dengan harga antara US$549 dan US$765 (Rp 7,9 juta - Rp 11 jutaan).


"Inilah salah satu mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan," kata Culper Precision dalam iklan senjata di Instagram yang diposting Juni lalu.

"Senjata itu 'menyenangkan'. Menembak itu 'menyenangkan'. 30 putaran otomatis penuh itu 'menyenangkan'," tulis perusahaan itu di situs webnya yang telah dihapus dari situs web perusahaan.

Hal ini membuat Lego bereaksi. Setelah unggahan itu, perusahaan mainan berbasis di Denmark tersebut mengirim surat kepada Culper Precision untuk menghentikan produksi pistol itu.

"Organisasi kami menjangkau Lego, yang kemudian mengirim surat penghentian kepada pembuat senjata yang sembrono," kata Shannon Watts, pendiri kelompok Moms Demand Action, yang mengadvokasi kontrol senjata yang lebih ketat, dikutip dari Channel News Asia (CNA) yang mengutip AFP.

Di AS, penembakan yang tidak disengaja telah meningkat sebesar 30% pada tahun lalu, seperti dimuat The Washington Post. Menurut organisasi Everytown, sepanjang 2021 telah terjadi lebih dari 165 penembakan tidak disengaja oleh anak-anak di AS.

"Di 2020, 142 orang meninggal akibat penembakan yang tidak disengaja oleh anak-anak atau anak di bawah umur," kata kelompok yang sama.

Sementara itu, CEO Culper Precision Brandon Scott mengonfirmasi pemberitahuan resmi Lego. Ia mengatakan perusahaan telah memutuskan untuk mematuhinya, setelah menjual kurang dari 20 item pistol.

Dalam sebuah pernyataan di Facebook pada Rabu (14/7/2021), Culper Precision berdalih membuat Block19 untuk kenikmatan olahraga menembak. "Orang memiliki hak untuk menyesuaikan properti mereka agar terlihat seperti apa pun yang mereka inginkan.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading