Netflix Krisis Penonton, 1 Juta Pelanggan Nguap di Negara Ini

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 July 2021 11:55
Kingdom Season 1 (Netflix)

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan streaming Netflix mengaku telah kehilangan sekitar 1 juta pelanggan di sepanjang 2021. Ini setidaknya terjadi di Korea Selatan (Korsel).

Menurut laporan riset pasar Neilsen Korean Click, pada Juni, jumlah pelanggan bersih bulanan (MAU) Netflix di Korea adalah 7,91 juta pada bulan Mei. Ini turun untuk bulan keempat berturut-turut.


Padahal di Januari, jumlah pelanggan Netflix di Korsel mencapai 8.993.785. Namun di Februari, jumlahnya mencapai 8,78 juta pelanggan, lalu ke 8,23 juta di Maret dan 8,083 di April.

Menurut perusahaan data Flix Patrol, satu-satunya serial Netflix original yang masuk dalam 10 besar drama TV dan acara hiburan di negeri itu adalah drama Inggris yakni 'Bridgerton'. Industri mengaitkan penurunan jumlah pelanggan Netflix dengan konten asli yang membosankan termasuk dengan filter Netflix originals.

"Netflix terlambat berpartisipasi dalam produksi konten," tulis Allkpop mengutip laporan itu, dikutip Rabu (14/7/2021).Karena alasan ini, ada kekurangan produksi yang mengganggu basis penggemar yang solid.

Meski demikian, Netflix segera akan merilis seri baru drama populer 'Kingdom', 'Kingdom: Ashin of the North,' pada tanggal 23 Juli mendatang.Sejumlah analis menyebut, ini mungkin akan mampu mengatasi krisis di Negeri Ginseng dan mendapatkan kembali momentumnya seperti di tahun 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading