Benarkah Covid-19 Menular Lewat Hubungan Seks? Ini Faktanya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 July 2021 12:05
Ilustrasi Seks (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 masih belum usai bahkan makin melonjak di RI. Pada Rabu (7/7/2021) hingga pukul 12.00 WIB kasus baru Covid-19 bertambah 34.379 pasien dalam sehari.

Ini merupakan rekor terbaru. Rekor kemarin, memecahkan rekor kemarin dan 2 hari sebelumnya yakni masing-masing 31.189 kasus dan 29.745 kasus.


Ada banyak pertanyaan seputar penularan virus corona termasuk apakah ia menular saat berhubungan seks. Perlu digarisbawahi bahwa virus corona bukanlah penyakit menular seksual, tapi virus ini hidup di dalam sekresi pernapasan.

Itu artinya, meski tidak dapat ditularkan saat hubungan seksual yang melibatkan aktivitas penetrasi, namun virus mungkin menular ketika melakukan kontak dengan pasangan yang mengidap Covid-19. Seperti dari aktivitas yang melibatkan air liur contohnya berciuman.

Menurut Mayo Clinic, pasangan yang awalnya tidak terpapar Covid-19 dapat tertular virus corona dengan menyentuh permukaan. Baik mulut, hidung, atau mata pasangan yang terpapar Covid-19.

Selain itu, Covid-19 juga dapat menyebar melalui kontak dengan kotoran. "Ada kemungkinan Anda tertular virus Covid-19 dari aktivitas seksual yang membuat Anda terpapar kotoran," kata Spesialis Penyakit Menular Internis, William F. Marshall, III M.D, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (8/7/2021).

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada laporan terkait cairan seks dapat menularkan virus. Meski demikian, melakukan hubungan seks dengan pengidap corona merupakan hal yang sangat dilarang untuk dilakukan.

Bukan tidak mungkin virus akan ikut menginfeksi tubuh dan Anda melakukan kontak atau komunikasi jarak dekat. Sehingga Anda harus tetap waspada.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading