Tips Aman & Sehat di Rumah Aja selama PPKM Darurat

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 July 2021 09:30
Warga mengenakan masker di Kawasan Kampung Rawa Pasung RW 022, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020).

Lokasi yang berbatasan dengan Jakarta Timur ini , kampung rawa pasung bekasi ini dikenal sebagai wilayah zona hijau sejak awal pandemi Maret lalu.

Beragam mural berisi pesan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menghiasi gang sempit di kawasan hunian padat tersebut.

Warga sukarela memberikan paket sembako gratis bagi warga lain yang membutuhkan dan menyediakan ruang isolasi mandiri untuk yang terkena Covid-19.

Pak Soleh selaku ketua RW mengklaim bahwa kampung tersebut 0 positif Corona dan masuk zona hijau.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sudah berlangsung selama tiga hari. Langkah ini dibuat untuk memperketat aktivitas masyarakat lantaran penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Dengan diberlakukannya PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021, masyarakat kembali diimbau untuk lebih memprioritaskan beraktivitas di rumah. Agar tak bosan selama melakukan berbagai aktivitas di rumah, Anda bisa mencoba menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan seperti berolahraga dan melakukan rutinitas.


Berikut adalah 10 tips aman dan sehat saat dirumah aja selama PPKM Darurat mengutip Health Navigator.

1. Tetap melakukan rutinitas

Rencanakan rutinitas dan tetap lakukan hal tersebut. Buatlah struktur di harian Anda untuk memberi rasa stabil dan ketenangan pikiran.

Misalnya, bangun dan tidur pada waktu yang sama seperti laiknya hari normal. Pastikan pula Anda mendapatkan jumlah tidur yang normal.

Rencanakan hal-hal yang berbeda untuk akhir pekan atau hari libur. Sehingga Anda dapat beristirahat dari rutinitas Anda, seperti biasanya.

2. Dapatkan udara segar setiap hari

Keluarlah sejenak untuk berjalan-jalan atau berlari di sekitar rumah. itu baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Rencanakan ke dalam jadwal Anda sehingga bisa melakukannya setiap hari. Keluar rumah akan membuat Anda merasa lebih baik dan mengurangi stres.

3. Makan makanan sehat

Pastikan Anda mendapatkan makanan berkualitas sepert ibuah dan sayuran agar tetap sehat. Hindari ngemil yang tidak perlu saat Anda di rumah.

Jaga kebiasaan makan Anda sebaik mungkin. Hindari mengonsumsi alkohol walau sedang stres.

4. Tetap komunikasi dengan dunia luar

Kurangnya kontak tatap muka dengan orang lain itu terasa sangat sulit. Namun, ada banyak cara lain untuk tetap berhubungan yakni telepon, video call teman atau keluarga dan tetap berhubungan secara online.

Anda juga dapat mengadakan pertemuan virtual di mana sebuah kelompok berkumpul secara online dan terhubung dengan cara itu. Ada juga banyak sumber daya dan ide di internet untuk membuat Anda sibuk dan terhubung.

5. Berolahraga secara teratur

Sisihkan waktu setiap hari atau minggu untuk berolahraga di dalam atau di taman. Ini bisa berupa yoga, angkat beban, menari, atau bentuk olahraga lainnya.

Ada banyak situs web yang menawarkan kelas latihan virtual gratis.

6. Melakukan hal yang disukai

Jika Anda memiliki waktu luang, ingatlah untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Menonton film, melakukan beberapa teka-teki, memainkan beberapa permainan, menulis novel, membaca, mendekorasi ulang, mulai belajar bahasa atau melakukan hal lain yang akan membuat Anda tersenyum dan lebih berkualitas.

7. Sejenak tinggalkan gadget

Meskipun penting untuk tetap terhubung secara digital, pastikan Anda berhenti sejenak dari gadget. Ini untuk menyeimbangkan penggunaan Anda.

Rencanakan waktu untuk terhubung secara digital dan waktu ketika Anda beralih ke offline atau berhenti fokus dengan gadget.

8. Keseimbangan berita yang sehat

Sangat menarik untuk terus memeriksa semua pembaruan terbaru tentang berita Covid-19 tetapi jangan biarkan itu mengatur hidup Anda. Tetap terinformasi tetapi juga istirahat dari arus informasi yang konstan.

Tetapkan waktu di mana Anda memeriksa berita, mungkin pagi dan malam untuk menjaga keseimbangan yang sehat.

9. Meditasi

Meditasi terbukti memiliki banyak manfaat mental dan fisik.Seperti halnya berlatih perhatian. Keduanya bebas untuk dilakukan dan akan meningkatkan kesehatan Anda dan membantu Anda tetap tenang dan fokus.

10. Cari pertolongan medis jika diperlukan

Jika Anda merasa tidak sehat dan perlu ke dokter atau Anda curiga terpapar Covid-19, hubungi dokter umum Anda untuk membuat janji atau hubungi Saluran Kesehatan Coronavirus untuk konsultasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kisah Sukses Pasangan Milenial, Pensiun Dini di Usia 30 Tahun


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading