Sedih! Corona Mengganas, Bali Batal Dibuka Buat Turis Asing

Lifestyle - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
29 June 2021 19:00
foto : detikTravel/Ahmad Masaul

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan untuk membatalkan pembukaan Bali untuk turis asing pada Juli mendatang. Hal ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 yang makin menyebar di Indonesia.

"Kami menargetkan akhir Juli, awal Agustus, tetapi kami hanya harus memperhatikan di mana kami berada dalam lonjakan baru-baru ini (dalam kasus virus corona)," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Budaya Indonesia, Sandiaga Uno, mengutip Reuters, Selasa (29/6/2021).

"Kita akan menunggu situasi lebih kondusif."


Sementara itu, untuk turis lokal yang ingin masuk ke wilayah Bali melalui udara harus melakukan PCR maksimal 2 X 24 jam sebelum kedatangan. Hal ini ditegaskan dari Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat Berbasis Desa/Kelurahan Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru Di Provinsi Bali.

"Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan dengan transportasi darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau hasil negatif uji rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan," demikian poin 5b beleid itu.

Bali sendiri telah menemukan kenaikan kasus infeksi Covid harian yang cukup banyak. Tercatat penambahan kasus dapat mencapai 200 kasus per hari. Sandi menyebut bahwa Bali tidak akan terbuka untuk turis internasional apabila penambahan belum mencapai 30 hingga 40 infeksi per hari.

Dari segi vaksinasi, pemerintah telah memprioritaskan Bali untuk vaksinasi. Sekitar 71% penduduk Bali telah menerima dosis vaksin pertama, dan target vaksinasi penuh untuk 70% penduduknya dapat dicapai pada akhir Juli

Kampanye vaksinasi itu disebut juga menciptakan hasil yang baik karena kebanyakan orang yang telah divaksin dan positif corona hanya menunjukkan gejala


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading