Wajib Tahu, 8 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Otak

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 June 2021 15:35
Taman Baca di Lingkungan Padat Penduduk. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Taman Baca di Lingkungan Padat Penduduk. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Otak manusia banyak melakukan ribuan tugas. Seiring bertambahnya umur, maka otak pun mulai kehilangan ketajaman pemikirannya sedikit demi sedikit.

Untuk meningkatkan kualitas kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah paparannya dari berbagai sumber:


Menjaga Nutrisi

Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyaklah konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau dan kacang-kacangan untuk menjaga kualitas otak.

Hindari Minuman Alkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin juga dinilai sebagai cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Ada beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, antara lain:

-Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak

-Mengurangi peradangan

-Mendorong perkembangan sel saraf baru

-Merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak

Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantu Anda untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

Meditasi

Meditasi juga bisa menjadi cara meningkatkan kinerja otak. Pada sebuah studi, sekelompok lansia dengan demensia diminta untuk melakukan meditasi secara rutin, juga dibarengi dengan diet sehat, olahraga, stimulasi mental, dan aktivitas sosialisasi. Hasilnya, partisipan melaporkan adanya peningkatan daya ingat.

Tak hanya itu, meditasi ternyata juga mampu menambah panjang telomerase DNA hingga 43%. Telomerase ini merupakan suatu struktur di DNA manusia yang berperan dalam menentukan usia sel. Semakin panjang telomerase, semakin muda usia sel seseorang.

Hindari Multi Tugas

Ketika perhatian terbagi atau terpecah, daya ingat jadi terdampak. Studi dalam jurnal "Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America" tahun 2018 menyebut, jika sering multitugas, ingatan Anda jadi makin dangkal.

Dengan menerima lebih sedikit informasi, Anda bisa lebih mampu memaknai, mengembangkan pengetahuan, dan membangun jaringan otak. Karenanya, perhatikan cara menjaga kerja otak yang satu ini.

Asah dengan Senam Otak

Banyak permainan yang dapat digunakan untuk membantu mengasah otak, salah satunya permainan menggambar peta. Dengan menggambar peta sederhana, misalnya peta lingkungan rumah Anda, sudah sangat efektif untuk melatih otak. Dengan menerapkannya, Anda telah melatih memori dan kemampuan visuospasial.

Selain itu, ada permainanboard gamesyang dapat Anda jadikan cara meningkatkan kinerja otak.Board gamesselalu menyenangkan untuk dimainkan, terutama jika bersama-sama dengan teman dan sahabat. Berbagai permainanboard gamesyang dapat mengasah otak, antara lain catur,puzzle,atau teka-teki silang.

Rajin Membaca

Membaca adalah salah satu cara yang paling umum dan paling ampuh dalam memaksimalkan kinerja otak. Meski demikian, cobalah untuk membaca berbagai jenis variasi buku agar otak kamu bisa mengenal berbagai gaya bahasa dan perspektif.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading