Rekor Dunia, Wanita Ini Lahirkan 10 Bayi Kembar Sekaligus

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 June 2021 16:05
Bayi Baru Lahir Dikenakan Pelindung Wajah. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang wanita Afrika Selatan dilaporkan melahirkan 10 bayi kembar sekaligus. Ini menjadi rekor dunia baru, sebagaimana ditulis BBC, Kamis (10/6/2021).

Wanita itu bernama Gosiame Thamara Sithole. "Itu tujuh laki-laki dan tiga perempuan," kata suaminya Teboho Tsoetsi kepada media setempat Pretoria News.


Sementara itu, anggota keluarga setempat menyebut Sithole memang baru memiliki 10 bayi. Lima lahir normal dan sisanya Caesar.

Saat ini Guinness World Records mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus Sithole. Bila benar, ia akan menyudahi rekor seorang wanita AS yang melahirkan delapan bayi sekaligus di 2009.

"Kehamilan yang terkait banyaknya bayi biasanya terjadi sebelum waktunya," kata reporter kesehatan BBC Africa, Rhoda Odhiambo.

Kelahiran ganda yang melibatkan banyak bayi, lebih dari tiga jarang terjadi. Seringkali ini merupakan hasil dari perawatan kesuburan namun memang ada sedikit kasus secara alami.

Sithole sendiri mengaku menderita sakit kaki saat hamil. Awalnya dokter hanya menyadari ada delapan bayi, di mana dua lainnya ditemukan belakangan dan disebut berada di tabung yang salah.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading