Dear Travelers, Thailand Siap Buka Phuket Mulai 1 Juli 2021

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
02 June 2021 17:45
Phuket, Thailand, Youtube

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Thailand memutuskan untuk membuka pulau resor wisata Phuket pada 1 Juli mendatang.

Mengutip pemberitaan CNN International, Rabu (2/6/2021), Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) telah mengonfirmasi pelancong yang telah divaksin dari negara-negara berisiko rendah Covid-19 akan diizinkan untuk terbang langsung ke wilayah itu tanpa harus dikarantina. Langkah itu merupakan bagian dari program percontohan 'Phuket Sandbox.'

"Untuk tahap awal, hanya wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap yang boleh masuk, kecuali anak-anak di bawah enam tahun, mereka diizinkan masuk tanpa harus divaksin," kata petinggi TAT Yuthasak Supasorn.

Rincian lebih lanjut, seperti negara mana yang memenuhi syarat sebagai "berisiko rendah," belum dikonfirmasi. Tetapi TAT mengatakan akan memperbarui situs webnya secara teratur untuk menyediakan informasi yang terkait kebijakan itu.



Sementara itu Phuket sendiri sedang berjuang untuk memvaksinasi 70% warganya. Beberapa pejabat mengatakan hingga saat ini tahapan vaksinasi di pulau wisata Thailand itu telah mencapai 50%.

Lebih lanjut, Yuthasak mengatakan jika proyek percontohan ini berjalan dengan baik, pihaknya akan diperluas lagi kebijakan ini ke sembilan tujuan wisata lainnya dalam beberapa bulan mendatang. Wilayah-wilayah itu adalah Krabi, Phang-nga, Koh Samui, Pattaya, Bangkok, Buriram, Cha-am, dan Hua Hin.

"Akan ada 'standar praktik' untuk semua tempat ini, tetapi akan ada juga beberapa variasi tergantung pada geografi mereka," kata Yuthasak. "Di atas segalanya, kita harus memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat untuk mencegah wabah lebih lanjut," lanjutnya.

Hingga saat ini Thailand masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Pada 1 Juni, Thailand melaporkan 2.230 kasus baru Covid-19 dan 38 kematian baru. Secara total sejak pandemi menyerang, negara ini telah mencatat 162.022 kasus dan 1.069 kematian.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading