Internasional

Viral! Gegara Covid, Geng Monyet 'Tawuran' di Thailand

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 July 2021 16:45
Ilustrasi Monyet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah fenomena tidak biasa terjadi di Thailand. Dalam sebuah video yang beredar di dunia maya terlihat sebuah aksi dua kelompok monyet yang sedang bertarung layaknya tawuran di tengah jalan raya.

Mengutip Media Singapura, Mothership, kejadian itu diketahui terjadi di kota Lopburi. Dari beberapa informasi dilaporkan bahwa monyet-monyet ini sedang berebut untuk mendapatkan makanan yang dibagikan warga dan agamawan.


"Ketika perbatasan ditutup karena pandemi Covid-19, monyet-monyet itu digambarkan berubah menjadi ganas tanpa pasokan makanan dan makanan ringan seperti biasa," tulis media beberapa media lokal Selasa (27/7/2021).

Sementara itu rekaman dan foto-foto mengenai perkelahian monyet ini juga dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Wisrut Suwanphak, pada Minggu (25/7/2021). Dalam foto itu terlihat monyet-monyet sedang terlibat dalam perkelahian besar-besaran.

Nyatanya, ini bukan kali pertama insiden perkelahian monyet ini terjadi di Lopburi. Pada tahun 2020, dua gerombolan monyet terlibat perkelahian di depan sebuah kuil.

Dalam insiden itu, terlihat juga beberapa monyet yang tidak ikut berkelahi dan hanya menyaksikan dari atas sebuah tembok. Perkelahian itu diketahui terjadi setelah sebuah kelompok monyet melanggar batas teritorial kelompok lainnya karena terdesak oleh kebutuhan makanan.

Lopburi sendiri merupakan rumah dari ribuan monyet. Kota di timur laut Thailand itu bahkan memiliki sebuah festival dimana ribuan monyet ikut serta dalam sebuah pesta seremonial yang besar.

Hal ini membuat monyet-monyet itu memiliki perubahan perilaku. Mengingat mereka sudah terbiasa diberi makanan oleh manusia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading