5 Lagu Penyemangat Perjuangan Palestina yang Bikin Baper

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 May 2021 15:25
Maher Zain (Tangkapan Layar via Instagram @maherzainofficial)

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk kesekian kalinya tentara Israel menyerang warga Palestina sehingga membuat banyak nyawa yang tak berdosa menewaskan mereka yang tak berdosa.

Kecaman atas serangan itu datang dari banyak negara, dari banyak tokoh berbagai agama. Aksi simpatik dan dukungan juga mengalir deras dari kalangan musisi yang terketuk hatinya melihat penderitaan warga Gaza.

Atas nama kemanusiaan, mereka mencoba mengetuk hati nurani orang lain lewat lagu-lagu, yang kemudian yang diputar sejumlah radio dan stasiun televisi berbagai negara.


Berikut adalah lagu berkaitan dengan Pray For Gaza yang bikin hati baper.

1. Maher Zain - Palestine Will Be Free

Perang antara Israel dan Palestina seakan abadi dan tak pernah kunjung selesai. Kegigihan dan keteguhan rakyat Palestina dalam mempertahankan negaranya, membuat Maher Zain terinspirasi untuk menciptakan lagu berjudul Palestine Will Be Free.

Lagu ini menceritakan sebuah harapan yang ada pada setiap rakyat Palestina serta semua orang, bahwa sesuatu saat akan ada kebebasan dan perdamaian yang mereka impikan.

Sebuah bait yang memilukan jika kita melihat seperti apa situasi di Palestina saat ini. Impian untuk tidur nyenyak atau berjalan-jalan secara tenang tanpa ada mortir atau peluru berdesing.

2. Lowkey-Long Live Palestine

Kareem Dennis atau dikenal dengan nama panggung Lowkey ini membuat sebuah lagu perlawanan rakyat Palestina. Pemuda keturunan Inggris dan Irak ini yakin bahwa lagu memiliki kekuatan viral untuk menggerakkan sesuatu.

Musisi yang juga aktivis politik ini menyerukan perlawanan Palestina sekaligus mengajak masyarakat dunia untuk bergabung dan mengutuk perang yang terjadi.

Lowkey meneriakkan kebebasan Palestina kepada dunia. Dia berharap air mata para ibu bisa terhapuskan berganti gelak tawa saat bercengkerama dengan keluarga.

3. Sami Yusuf - Forever Palestine

Sami Yusuf menciptakan sebuah lagu yang sangat mengharukan yang diambil dari kisah nyata yang terjadi di Palestina. Lagu ini menceritakan bahwa seorang pemuda yang pamit kepada ibunya untuk pergi berperang.

Bagi pemuda yang sudah cukup umur, mereka pun harus membantu saudara lainnya untuk ikut berperang walau hanya bersenjatakan ketapel dan batu. Tak ada pelatihan militer khusus, sedangkan mereka menghadapi tentara yang sudah terlatih dengan senjata yang canggih.

"Mother don't cry for me I am heading off to war/God almighty is my armour and sword/Palestine, Forever Palestine"

4. Abdullah Rolle - Children of War

Abdullah Rolle adalah Nasyid asal Inggris. Children of War menceritakan kisah anak-anak Palestina yang menjadi korban perang.

Dalam lagu itu, Abdullah menyanyikan bait apa salah korban-korban ini dan mengapa mereka harus melepas nyawa sekaligus masa depannya. Kepedihan ibu yang pastinya tak pernah berharap melihat buah hatinya meninggal.

"There's not a mother in this world who would watch her child/Cry in the street stand and watch her weep/There's not a mother in this world who wouldn't give Up/Her own life for the life of her child."

5. Roger Waters - We Shall Overcome

Artis internasional, Roger Waters begitu concern dengan isu politiknya baik di musik dan publik. Ia selalu membuat lagu dengan konsep yang sarat dengan isu perang dan ketidakadilan.

Meski bukan musisi berdarah muslim, namun Roger Waters menunjukkan kepeduliannya dengan apa yang terjadi di Gaza. Personel dari Pink Floyd ini mempersembahkan We Shall Overcome yang didedikasikan untuk rakyat Palestina.

Liriknya menyampaikan pesan ke penjuru dunia bahwa peperangan ini harus dihentikan. Roger juga berharap bahwa kelak permusuhan ini akan berbuah indah, di mana kedua kubu berjalan berdampingan dan menerobos tembok pemisah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ed Sheeran 'Comeback' Bertajuk Bad Habits


(yun/yun)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading