Cerai, Ini Harta Kekayaan Bill & Melinda Gates

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 May 2021 09:21
Bill dan Melinda Gates

Jakarta, CNBC IndonesiaBill Gates dan istrinya Melinda Gates memutuskan untuk bercerai, Senin (3/5/2021). Pengumuman ini begitu mengagetkan karena mereka telah menikah selama 27 tahun lamanya.

Bill Gates yang berusia 65 tahun merupakan salah satu pendiri Microsoft Corp. Sementara itu, Melinda Gates yang berusia 56 tahun adalah mantan manajer Microsoft yang menjadi pemerhati kesehatan global dan kesetaraan gender.


"Setelah pemikiran panjang dan upaya dalam hubungan kami, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan," tulis mereka di Twitter.

Meski demikian, mereka mengaku akan melanjutkan pekerjaan di Bill & Melinda Gates Foundation, badan amal keduanya. Bill & Gates Foundation mendanai sejumlah program- di antaranya kesehatan global, kesetaraan gender, dan pendidikan.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama yayasan," tulis keduanya lagi.

Menurut Forbes, Bill Gates adalah orang terkaya ke-4 dunia dan memiliki aset sebesar US$130 miliar (Rp 1.885 triliun). Ini merupakan kasus perceraian terbesar kedua di kalangan orang terkaya dunia, setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott pada 2019.

Berikut detil sumber kekayaan keduanya:

Microsoft

Berbeda dengan Jeff Bezos, kekayaan Gates terbukti lebih rumit untuk diukir. Kekayaan bersih Bill Gates berasal dari Microsoft tetapi sahamnya di produsen perangkat lunak itu sekarang mungkin kurang dari 20% dari asetnya.

Bill & Melinda Gates Foundation

Gates mengalihkan sebagian besar sahamnya ke Bill & Melinda Gates Foundation selama bertahun-tahun. Kepemilikan persisnya belum diungkapkan sejak dia meninggalkan dewan direksi Microsoft tahun lalu.

Cascade Investments

Aset terbesar Gates adalah Cascade Investments, sebuah perusahaan induk yang dia buat dengan hasil penjualan saham Microsoft dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larson. Melalui Cascade, Gates memiliki minat dalam real estat, energi dan perhotelan serta saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor, Deere & Co.

Gates Ventures

Gates juga mendirikan perusahaan modal ventura, Gates Ventures. Pada 2017, istrinya Melinda juga memiliki organisasi baru bernama Pivotal Ventures yang dibangun untuk menampung ide-idenya yang tidak sesuai dengan struktur di Gates Foundation.

Saham

Bill dan Melinda Gates melalui yayasannya mendukung bioteknologi dari Jerman, Curevac. Selama pandemi, saham perusahaan itu melejit.

CureVac saat ini juga tengah bersaing dengan perusahaan bioteknologi kenamaan seperti Moderna, Novavax, Pfizer, dan BioNTech, tentu saja ini untuk memproduksi vaksin virus corona. Yayasan Bill dan Melinda Gates bahkan menanamkan US$40 juta di CureVac pada 2015.

Gates juga memiliki sejumlah saham di beberapa perusahan lain. Seperti Republic Services, perusahaan pengelolaan sampah di AutoNation, perusahaan dealer mobil nasional di Ecolab, penyedia alat kebersihan Canadian National Railway (10%), dan Arcos Dorados (7%).


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading