70% Wanita Stres karena Uang saat Pandemi, Ini Cara Atasinya!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 April 2021 10:30
uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak wanita stres terkait uang. Menurut survei terbaru oleh Fidelity, 70% wanita stres tentang tabungan dan investasi jangka panjang mereka.

Fidelity mensurvei 1.902 orang dewasa AS, termasuk 951 wanita. Survei bertujuan untuk mengeksplorasi dampak finansial yang disebabkan pandemi Covid-19 terhadap wanita.


Secara keseluruhan, 60% responden wanita mengatakan bahwa mereka jauh lebih stres selama pandemi, dengan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres mereka. Faktor-faktor ini termasuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak mereka, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang.

Selain itu, menurut survei hampir 40% wanita mempertimbangkan untuk mengurangi jam kerja mereka atau meninggalkan kerja. Ini karena tanggung jawab pengasuhan mereka yang meningkat.

Meski begitu, banyak pula wanita yang mengambil langkah untuk mengendalikan keuangan mereka. Fidelity mengaku, mengalami peningkatan 41% pada wanita yang mencari layanan dibandingkan tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi stres ini dan mengelola keuangan? Berikut 3 langkah jitu mengatasinya sebagaimana disebutkan Fidelity dilansir CNBC International.

1. Kumpulkan tabungan darurat

Jika ada satu hal yang dapat dipelajari dari pandemi, adalah betapa pentingnya memiliki cadangan uang darurat yang tersedia. Mulailah dengan mengumpulkan tabungan darurat yang cukup untuk menutupi pengeluaran selama tiga hingga enam bulan.

Memiliki dana yang mudah diakses itu penting untuk melindungi Anda jika terjadi kehilangan pekerjaan atau keadaan darurat yang tidak terduga. Beberapa wanita memilih menyisihkan biaya hingga satu tahun karena itu membuat mereka merasa lebih nyaman.

2. Menabung lebih dari 10% dari gaji Anda untuk masa pensiun

Jika Anda tidak dapat langsung menabung 15% yang disarankan dari gaji Anda, mulailah dengan apa yang dapat Anda sisihkan.Tetapi usahakan untuk berusaha sebaik mungkin untuk menabung setidaknya 10% dari penghasilan Anda.

Wanita yang menabung 10% dari gaji mereka atau lebih merasa tidak terlalu stres tentang masa depan keuangan mereka. Dan menabung 15% dari gaji Anda sepanjang karir akan membantu seseorang mencapai target yang direkomendasikan yaitu memiliki 10 kali lipat gaji Anda ditabung untuk masa pensiun

3. Buat peta jalan untuk tujuan Anda

Terlepas dari seberapa besar atau kecil gaji Anda, mengembangkan rencana keuangan atau peta jalan untuk diri sendiri dan dengan pasangan adalah sesuatu yang harus. Itu berlaku untuk segala hal mulai dari tujuan jangka pendek, seperti pembelian dalam jumlah besar, hingga tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah.

"Mengetahui di mana uang Anda, apa yang Anda hutangkan dan bagaimana itu bekerja untuk Anda secara signifikan mengurangi stres wanita tentang keuangan mereka," kata Lorna Kapusta, kepala wanita dan keterlibatan pelanggan di Fidelity Investments.

.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading