Deretan Planet Selain Venus Yang Terlihat di Waktu Subuh

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
22 April 2021 13:39
Planet Venus. Nasa / JPL-Caltech

Jakarta, CNBC Indonesia - Planet merupakan salah satu benda langit atau tata surya yang banyak membuat orang penasaran melihatnya. Meski letaknya jauh dari bumi ternyata ada beberapa planet yang bisa dilihat dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan teleskop.

Berbicara planet, Venus dianggap salah satu planet yang paling akrab dengan bumi. Venus secara rutin menghampiri langit bumi dan berkedok sebagai bintang yang paling terang setelah bulan.

Venus juga sering terlihat di pagi hari saat menjelang matahari terbit dan terlihat kembali di ufuk barat saat setelah matahari tenggelam.

Selain Venus, setidaknya ada beberapa planet terang bisa terlihat dengan mata telanjang di ufuk timur saat subuh. Planet itu yakni Merkurius, Mars, Saturnus dan Jupiter.

Pada suatu waktu, planet-planet ini bisa saja berada pada sisi langit yang sama sehingga terlihat sebagai titik cahaya terang yang berada dalam satu untaian.

Kelima planet yang terlihat itu lantaran planet itu berada dalam garis ekliptika, garis yang seolah-olah garis posisi matahari di langit.

Dari kelima planet itu, Venus, Jupiter dan Mars relatif lebih mudah dilihat dan dikenali. Sedangkan Merkurius dan Saturnus, agak susah dilihat, lebih baik dengan bantuan teropong atau teleskop.

Kelima planet itu jarang terlihat bersamaan pada satu kesempatan. Umumnya, planet terlihat pada subuh atau sekitar pukul 04.30 WIB.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading