Erick Soal Hari Kartini: Saya Selalu Membayangkan Ibu Saya

Lifestyle - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 April 2021 20:30
Perempuan dalam Kepemimpinan: Meraih Keunggulan Kompetitif dan Memicu Perubahan/ Youtube : Kementerian BUMN

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari Kartini diperingati setiap 21 April. Bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sosok Kartini adalah sang ibu, Edna Thohir.

"Tentu kalau kita melihat Kartini, untuk saya sendiri saya selalu membayangkan ibu saya. ibu yang saya cintai, ibu saya sayangi," ujar Erick saat menjadi pembicara dalam acara "Perempuan dalam Kepemimpinan: Meraih Keunggulan Kompetitif dan Memicu Perubahan" yang disiarkan akun Youtube Kementerian BUMN, Selasa (20/4/2021).

"Karena beliau mendidik saya luar biasa, satu yang pasti disiplin. Itu saya sehari-hari ketika saya kecil saya dipastikan kapan belajar, kapan pulang ke rumah, kapan main, kapan tidur," lanjutnya.



Tidak hanya itu, Erick bilang kalau ibunya juga membantu sang ayah, Teddy Thohir, mencari uang. Pendiri Mahaka Media itu mengaku tak bisa melupakan momen saat sang ibu berjualan baju di Pasar Tebet Barat. Sementara kediaman mereka di Pasar Tebet Timur.

"Kalau ditanya cukup atau nggak cukup dari gaji bapak saya, pikiran saya sih waktu itu lumayan walaupun levelnya masih GM waktu itu, tetapi dia selalu hilang ke saya bahwa saya harus mandiri. Karena, mohon maaf, kan kita tidak tahu yang namanya usia. Jadi dia berprinsip mesti punya uang karena sewaktu-waktu kalau ada apa-apa dia bisa tetap menyekolahkan anak-anaknya," kata Erick.

Menurut dia, hal itu menjadi salah satu pegangannya hingga hari ini.

"Bagaimana beliau mengajarkan perjuangan hidup dan disiplin yang luar biasa. Dan tentu saya di Hari Kartini ini mengucapkan terima kasih kepada ibu saya sehingga bisa mendidik saya sampai menjadi hari ini," ujar Erick.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading