Internasional

Wanita Cantik Ini Sumber Ever Given Nyangkut di Terusan Suez?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 April 2021 14:18
Marwa Elselehdar (Tangkapan Layar Instagram @marwa.elselehda)

Jakarta, CNBC Indonesia - Insiden kapal pengangkut kontainer besar Ever Given yang memblokir Terusan Suez, Mesir, membawa rumor tidak sedap bagi Marwa Elselehdar. Kapten kapal wanita pertama Mesir ini, dituduh menjadi penyebab kapal naas itu "nyangkut" akhir Maret lalu.

Rumor muncul setelah adanya tangkapan layar dari tajuk berita palsu, yang diduga diterbitkan oleh Arab News. Di mana ia disebut-sebut terlibat dalam insiden Suez.


"Saya terkejut," kata Marwa, dikutip dari BBC International, Senin (5/4/2021).

"Saya merasa bahwa saya mungkin menjadi sasaran. Mungkin, karena saya wanita yang sukses di bidang ini atau karena saya orang Mesir. Tetapi saya tidak yakin," lanjut wanita berusia 29 tahun tersebut.

Marwa menegaskan ia tak terlibat. Pasalnya waktu insiden terjadi, ia sedang bekerja sebagai rekan pertama dalam komando Aida IV, ratusan mil jauhnya di Kota Alexandria.

Kapal milik otoritas keamanan maritim Mesir itu menjalankan misi pasokan ke mercusuar di Laut Merah. Ini juga digunakan untuk melatih taruna dari Akademi Arab untuk Sains, Teknologi, dan Transportasi Maritim (AASTMT), universitas regional yang dikelola oleh Liga Arab.

Ketika rumor muncul tentang perannya dalam penyumbatan Suez, dia khawatir akan dampaknya pada pekerjaannya. Apalagi artikel menggunakan bahasa Inggris dan tersebar global.

"Artikel palsu ini berbahasa Inggris sehingga tersebar di negara lain," kata Marwa.

"Saya berusaha keras untuk menyangkal apa yang ada di artikel itu karena itu mempengaruhi reputasi saya dan semua upaya yang saya lakukan untuk menjadi saya sekarang."

Menurut Organisasi Maritim Internasional, saat ini wanita hanya menyumbang 2% dari pelaut dunia. Marwa sendiri adalah kapten perempuan Mesir termuda dan mendapat penghormatan di 2017 oleh Presiden Abdel Fattah El-Sisi selama perayaan Hari Perempuan Mesir.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading