Miliarder Berharta Rp 253 T Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 March 2021 11:05
Petr Kellner (dok. Forbes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di Republik Ceko, miliarder Petr Kellner, tewas dalam kecelakaan helikopter di Alaska, Amerika Serikat (AS), Sabtu (27/3/2021). Ia meninggal dunia di usia 56 tahun.

Perusahaan investasi yang didirikannya PPF mengumumkan hal ini Senin (29/3/2021). Setidaknya, ada lima orang tewas dalam kecelakaan itu, yang keadaannya kini sedang diselidiki.


"Kami mengumumkan dengan sangat sedih bahwa ... pendiri dan pemilik mayoritas kelompok PPF, Tuan Petr Kellner, meninggal secara tragis," kata perusahaan dikutip dari AsiaOne.

Menurut Forbes, Kellner adalah tokoh bisnis dengan kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 17,5 miliar (Rp 253 triliun). Sepanjang hidupnya, Kellner menghindari perhatian publik tetapi ia dikenal sebagai pemain ski yang handal.

"Helikopter itu mengangkut pemain ski yang telah melakukan tur pedalaman," kata polisi setempat.

Sementara itu, Perdana Menteri Ceko Andrej Babis menyampaikan belasungkawa kepada keluarga."Tragedi yang luar biasa. Saya sangat menyesal," kata Babis di Twitter.

Kellner mendulang kekayaannya pada tahun 1990-an. PPF mengambil alih saham di bekas perusahaan asuransi nasional Ceska Pojistovna.

Ini menjadi batu loncatan untuk pertumbuhan lebih lanjut. PPF kemudian tumbuh di bidang asuransi, keuangan, telekomunikasi, manufaktur, media atau bioteknologi dalam bisnis yang terutama mencakup Eropa, Asia, dan Amerika Serikat.

Aset PPF berjumlah 44 miliar euro pada pertengahan 2020. PPF adalah pemilik utama pemberi pinjaman konsumen Home Credit, yang telah tumbuh di Cina dan tempat lain di Asia Tenggara serta sekelompok perusahaan telekomunikasi di Eropa tengah dan timur termasuk O2 Republik Ceko.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading