Cuma Butuh Botol & Air, 7 Tanaman Hias Cantik Ini Bisa Hidup

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 March 2021 10:50
Tanaman Begonia polkadot (Photo by Diem Nguyen from Pexels) Foto: Tanaman Begonia polkadot (Photo by Diem Nguyen from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak selalu tanaman hias hidup di atas tanah. Ada beberapa, tanaman hias yang juga bisa tumbuh di media air.

Tanaman hias yang tumbuh tanpa tanah lebih membutuhkan sedikit perawatan karena tidak terlalu rentan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk menyiram tanaman hias secara teratur.


Berikut adalah tanaman hias indoor yang bisa hidup dalam media air.

1.Sirih gading (Epipremnum aureum)

Ada banyak jenis sirih gading yang terlihat bagus untuk tumbuh di air. Namun, yang paling popular adalah varietas dengan warna kuning keemasan dan hijau.

Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman hias sirih gading, Anda cukup memotong batang sepanjang 15 cm tepat di bawah simpul. Lalu, memasukkannya ke dalam botol kaca atau vas berwarna gelap, kemudian diisi dengan air.

Setelah itu, tempatkan tanaman di tempat teduh, untuk mendorong pertumbuhan tanaman hias yang lebih cepat.

Queen Marble Pothos atau Sirih Gading Susu (Photo by Severin Candrian on Unsplash)Foto: Queen Marble Pothos atau Sirih Gading Susu (Photo by Severin Candrian on Unsplash)
Queen Marble Pothos atau Sirih Gading Susu (Photo by Severin Candrian on Unsplash)

2.Dieffenbachia

Mirip dengan sri rejeki, tanaman hias dieffenbachia memiliki batang yang tebal dengan dedaunan berdaun lebar. Ini membuat tanaman hias dieffenbachia menarik untuk ditanam di vas atau botol air.

Anda dapat menggunakan benda-benda dekoratif lainnya di wadah kaca untuk mempercantik penampilan tanaman hias dieffenbachia yang tumbuh di air. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman hias dieffenbachia, Anda perlu mengganti airnya setiap beberapa minggu.

3.English ivy (Hedera helix)

Bagi yang ingin menanam tanaman hias english ivy, Anda harus tahu beberapa fakta mengenai tumbuhan ini. Pada dasarnya, Anda dapat dengan mudah menanam tanaman hias english ivy di dalam air selama beberapa bulan.

Setelah itu, Anda mungkin harus memindahkan tanaman ke media tanah. Jika Anda terlanjur menikmati pesona tanaman hias ini di akuarium atau kolam air dalam ruangan, sebaiknya ganti dengan stek baru.

Selain itu, mengganti air sesering mungkin juga merupakan langkah yang efektif untuk mencegah pertumbuhan alga.

4.Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum)

Meskipun tanaman laba-laba cepat berakar di dalam air, namun ini hanya mampu tumbuh dalam waktu singkat. Batang dan daun yang terendam air bahkan bisa segera membusuk. Sebaiknya, gunakanlah media air untuk meletakkan tanaman laba-laba sebelum memindahkannya ke media tanam berbasis tanah.

5.Bambu keberuntungan (Dracaena sanderiana)

Bambu keberuntungan adalah salah satu tanaman air yang paling umum dikenal. Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama bambu air China.

Nah, yang perlu diketahui adalah pastikan agar tanaman hias ini tetap tumbuh dengan baik di dalam air dengan cara mengisinya dengan air yang disaring atau tidak mengandung klorin.

Keuntungan menanam bambu keberuntungan, yaitu dapat membentuk batangnya yang tongkat yang unik. Tak hanya itu, Anda pun dapat menumbuhkan satu batang di vas air sempit atau beberapa batang bersama-sama untuk menciptakan tampilan yang menarik dalam ruangan.

6.Begonia

Begonia adalah beberapa tanaman hias paling berwarna yang bisa tumbuh di air. Ada lebih dari 1.800 spesies begonia, yang sebagian besar memiliki dedaunan berwarna-warni.

Banyak jenis begonia yang berakar dengan baik di dalam air dan akan tumbuh selama beberapa bulan. Jika Anda mencari tanaman hias berbunga berwarna-warni yang tumbuh di air, maka pilihlah jenis begonia berbonggol.

7. Tradescantia

Tanaman hias ini memiliki dedaunan memesona bagi siapa saja yang melihatnya. Selain itu, tanaman hias ini tumbuh dengan sangat baik di air.

Spesies tradescantia ini, yang sebelumnya dikenal sebagai zebrina pendula, memiliki akar yang super cepat merambat di air dan akan terus tumbuh dalam media air selama berbulan-bulan.

Anda dapat membuat dedaunan berwarna-warni dengan menanam banyak tanaman hias ini di dalam sebuah stoples besar. Untuk memberikan kesan indah dan mewah pada kolam air di rumah, pilihlah jenis tradescantia ungu. Tanaman hias ini juga cocok untuk digantung.

Lebih lengkapnya, bisa klik di sini >>>


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Populer Sejak Pandemi, 5 Tanaman Hias Harganya 'Gokil'


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading