Ashanty Sembuh dari Covid, ini Obat & Vitamin yang Dikonsumsi

Lifestyle - Daniel Wiguna, CNBC Indonesia
13 March 2021 14:28
Setelah berjuang melawan masa kritis akibat Covid-19 yang menyerangnya, Ashanty diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah. (Detikcom/Palevi S)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selebritas tanah air, Ashanty mengumumkan telah sembuh dari Covid-19 setelah 17 hari berjuang melawan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini.

Untuk bisa mengalahkan virus Covid-19, selama isolasi mandiri Ashanty mengaku mengkonsumsi beberapa obat dan suplemen. Salah satunya,suplemen ginseng merah dan vitamin C dari Korea Selatan.

"Ini aku enggak diendorse, (ini) dari Korea, dikirim sama teman aku. Cuma aku enggak tahu deh nyari di mana, aku lagi nyari distributornya siapa sih. Ini red ginseng vitamin C, tapi model ini yang paling bagus dan rasanya paling enak," kata istri Anang Hermansyah ini, seperti dikutip dari Haibunda, Sabtu (13/3/2021).


Obat dan vitamin pilihannya itu manjur karena ia melihat juga kondisi anaknya, Aurel. Dengan obat dan vitamin pilihannya itu, angka CT (Cycle Threshold) Aurel naik dalam dua hari.

"Aurel juga CT-nya 14 ke 30 dalam dua hari. Aku kritis banget, sampai aku bisa sehat itu 17 hari. Karena aku kritis, orang tuh amazed (takjub) banget," kata Ashanty.

Ia juga mengaku mengkonsumsi produk kesehatan sendiri yaitu ASH Juice. Diceritakan Ashanty, Aurel minum detox water selama isolasi mandiri lantaran BAB kurang lancar selama terkena COVID-19.

"Ini ASH Juice garlic, cinnamon, sari lemon, ini dikumur-kumur. Kenapa ini ada bawang putih, cuka apel, jahe merah, kayu manis, dan lain-lain. Dikumur-kumur, diminum, hangat banget. Kemarin kakak turun demam. Aku juga waktu minum ini enggak pakai takaran langsung glek-glek," ucapnya.

Lalu, ada juga obat chloroquine yang diberikan oleh profesor kenalan Ashanty. "Aku enggak diendorse. Ini yang menolong aku," kata Ashanty.

Ashanty juga mengaku minum suplemen dan vitamin yang didistribusikannya, yakni AFC Life. Ia juga minum Lian Hua dari Taiwan, minum sehari 3 kali masing-masing 4 kapsul.

Tak lupa, untuk vitamin dan suplemen, Ashanty juga menyarankan vitamin C 1000iu, vitamin E, probiotik, zinc, dan vitamin D. Untuk merk, kata Ashanty, bebas yang mana saja.

"Kalau obat, aku di rumah, aku hanya percaya minum avigan. Nah, kalau avigan aku minum sehari 8 - 8 (butir), besoknya cuma 3 - 3 (butir). Kita hanya minum 10 hari. Antibiotiknya aku percaya sama zithromax, diminum selama 5 hari, satu butir saja," ungkapnya.

Ashanty juga menegaskan bahwa obat dan vitamin yang ia konsumsi bukanlah endorse. "Aku enggak mau hanya promosikan produk yang di-endorse, which is aku kalau enggak menyembuhkan aku, aku dosa banget," ungkapnya.

Nah, untuk obat avigan, Ashanty mengatakan, perlu dicatat bahwa itu termasuk obat keras sehingga wajib dikonsumsi setelah makan. Jika tidak, maka akan muntah.

Lebih lanjut, Ashanty menyarankan bagi yang punya asam lambung, coba konsultasikan ke dokter, apakah obat tersebut cocok atau tidak. Ya, karena bagaimana pun obat yang berlabel keras atau K merah harus dengan resep dokter.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading