Mainan Mr. Potato Head Ganti Nama, Jadi Apa Ya Kira-kira?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 February 2021 12:25
This photo provided by Hasbro shows the new Potato Head world. Hasbro created confusion on Thursday, Feb. 25, 2021, when it removed the gender from its Mr. Potato Head brand, but not from the actual toy. The company, which has been making the potato-shaped plastic toy for nearly 70 years, announced that it was dropping Mr. from the brand in an effort to make sure “all feel welcome in the Potato Head world.” Hasbro clarified in a tweet that the Mr. and Mrs. Potato Head characters will still exist, names and all, but the branding on the box will say “Potato Head.” (Hasbro via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan mainan raksasa asal Amerika Serikat (AS) Hasbro Inc akan mengganti nama merek mainan Mr. Potato Head. Perusahaan memutuskan untuk membuang bagian 'Mr.' dan 'Mrs.' dengan hanya menjadi 'Potato Head'.

Perubahan ini dilakukan guna menciptakan mainan yang tidak berfokus pada identitas gender. Hasbro mengaku mengubah merek mainan klasiknya ini guna mengampanyekan aksi menghormati dan mendukung keragaman dalam budaya AS.


"Budaya telah berkembang. Anak-anak ingin dapat mewakili pengalaman mereka sendiri," kata Kimberly Boyd, wakil presiden senior merek global Hasbro pada Kamis (25/2/2021), mengatakan kepada Fast Company, dilansir dari New York Post.

"Cara merek saat ini ada, dengan 'Mr.' dan 'Mrs.', membatasi dalam hal identitas gender dan struktur keluarga."

Meski mengganti nama mereka, karakter Mr. Potato Head dan Mrs. Potato Head yang ikonik dan terkenal berkat franchise Toy Story ini juga akan tetap ada.

Selain itu Hasbro juga akan merilis perlengkapan keluarga Potato Head. memungkinkan anak-anak bebas menciptakan semua jenis keluarga yang mereka inginkan.

"Sementara kami mengganti nama merek Mr. Potato Head menjadi Potato Head untuk lebih mencerminkan garis lengkap, karakter Mr. dan Mrs. Potato Head yang ikonik tidak akan kemana-mana," kata juru bicara perusahaan, Catalina Ramirez.

"Produk baru yang kami umumkan hari ini, Create Your Potato Head Family adalah kit yang mencakup cukup kentang dan aksesori bagi anak-anak untuk menciptakan semua jenis keluarga," tambahnya.

Mainan Potato Head sendiri pertama kali diluncurkan lebih dari 70 tahun lalu. Mainan plastik ini berbentuk kentang yang dapat didekorasi dengan berbagai bagian, seperti mata, hidung, telinga dan bahkan rambut.

Rival Hasbro, Mattel juga sudah melakukan perubahan soal identitas ini. Produk Barbie-nya telah memperkenalkan lini baru boneka dalam berbagai warna kulit, bentuk tubuh dan profesi, menjauhi citra klasik pirang dalam beberapa tahun terakhir, dan American Girl juga meluncurkan versi boneka laki-laki empat tahun lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading