Pakai Baju Lafaz Basmalah, Idol Kpop Ini Diprotes Keras

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 February 2021 12:52
im chang kyun, I.M (Twitter/@OfficialMonstaX)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan hiburan Korea Selatan (Korsel), Starship Entertainment, mengeluarkan permintaan maaf atas nama anggota boyband Monsta X, Im Chang-kyun atau I.M. karena penggunaan lafaz basmalah pada pakaiannya.

"Kami sangat meminta maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman dengan tindakan kami. Kami memastikan Anda bahwa kami akan melakukan segala upaya untuk mencegah terulangnya kembali. Sekali lagi, kami membayar dan menyampaikan permintaan maaf yang tulus," tulis permintaan maaf Starship Entertainment melalui situs fan cafe resmi Monsta X, dikutip Rabu (17/2/2021).


Starship Entertainment juga menyatakan bahwa mereka seharusnya mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada implikasi religius dalam foto konsep tersebut. Mereka juga menyesal tidak memeriksanya dengan teliti.

Masalah ini hadir setelah munculnya foto teaser untuk mini album solo pertama I.M., Duality, di media sosial.

I.M. langsung mendapatkan protes dan kecaman setelah terlihat mengenakan kemeja yang menampilkan kaligrafi Arab, yakni lafaz basmalah. Tulisan 'bismillahirrahmanirrahim' terpampang di bagian dada kaos putih tanpa lengan yang digunakan I.M.

Rapper berusia 25 tahun tersebut dianggap menghina karena mengenakan kemeja yang menampilkan kaligrafi religius sebagai elemen estetika tanpa memperhatikan arti dan pentingnya tulisan tersebut.

MONSTA X (IG/@official_monsta_x)Foto: MONSTA X (IG/@official_monsta_x)
MONSTA X (IG/@official_monsta_x)

Penggemar berbondong-bondong membahas hal ini di media sosial, dan menghubungi Starship Entertainment secara massal untuk memberitahu masalah tersebut. Setelahnya set foto tersebut kini sudah dihapus dari saluran media sosial resmi Monsta X.

Album 'Duality' I.M akan menampilkan lima lagu, termasuk single God Damn, dan akan dirilis pada 19 Februari. Duality adalah rilis solo formal pertama I.M sejak ia bergabung dengan Monsta X pada 2015. Rilisan ini merupakan mixtape dari 25 tahun di luar pekerjaannya sebagai rapper-penulis lagu dalam grup K-pop.

Gambar promosi lainnya untuk album tersebut kemudian dibagikan ulang di seluruh platform media sosial.

Tahun lalu, boyband K-pop lainnya, yakni NCT juga sempat mendapat kecaman karena menampilkan citra yang terkait dengan tempat-tempat suci dan estetika Islam sebagai konsep untuk lagu mereka Make A Wish (Lagu Ulang Tahun).


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading