Catat! 6 'Jurus Jitu' Cegah Tertular Covid-19 Menurut CDC AS

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 February 2021 16:11
Tower 9 wisma atlet pademangan siap tampung pasien Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 saat ini masih mengganas. Para masyarakat pun dihimbau oleh pemerintah untuk melaksanakan protokol 3M.

Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) pun memberikan panduan untuk mencegah penyebaran virus corona. Berikut protokol perilaku yang mencegah penyebaran virus Covid-19.


1. Tinggal di rumah atau isolasi

Jika tidak ada hal penting sebaiknya tetap tinggal saja di rumah dan melakukan isolasi. Kurangi untuk bertemu sebab hal itu cenderung membahayakan diri sendiri dan keluarga.

Selain itu, banyak munculnya kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) di luar sana. Jadi sebaiknya untuk tetap berada di rumah bila tak ada urusan mendesak semisal bekerja.

2. Jaga jarak sosial atau fisik

Terus-menerus berada di rumah saja memang membuat bosan. Sesekali keluar rumah boleh-boleh saja. Namun, pastikan Anda menerapkan protokol kesehatan.

Pastikan untuk selalu menjaga jarak atau sejauh 1-2 meter dengan orang lain. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari paparan virus corona ketika orang lain bersin, atau batuk.

3. Gunakan masker (boleh kain)

Saat berada di luar rumah janganlah lupa untuk memakai masker. Tak harus masker medis, masker kain pun bisa.

Pastikan penggunaannya menggunakan standar kesehatan. Upayakan untuk tidak melepaskan masker, karena kita tidak tahu siapa saja yang membawa virus corona.

4. Jagalah kebersihan tangan dan etiket pernapasan

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer dan mencuci tangan Anda. Pastikan hand sanitizer Anda mengandung 60% alkohol. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.

Jangan menutup mulut dengan tangan ketika batuk atau bersin, tapi gunakan tisu, sapu tangan atau tutup mulut dengan menggunakan lipatan lengan.

5. Menjaga lingkungan yang sehat

Saat ini marak kegiatan desinfeksi baik yang digerakkan oleh lembaga maupun inisiatif masyarakat. Fasilitas umum seperti bandara, pasar, stasiun, terminal dan lainnya perlu dilakukan disinfeksi secara rutin. Untuk rumah, cukup dengan mengepel lantai dua kali sehari.

Membersihkan peralatan yang sering disentuh tangan dengan desinfektan, seperti gagang pintu, gagang kulkas, pegangan tangga, hand phone, meja, kursi dan lain-lain.

6. Jaga kesehatan diri

Mengkonsumsi makanan bergizi khususnya sumber Vitamin C dan Vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Mengkonsumsi sumber zat gizi langsung dari makanan akan lebih baik dibandingkan didapat dari suplemen tambahan.

Akan tetapi dalam kondisi tubuh memerlukan tambahan bisa juga dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Selain itu lakukanlah olahraga teratur di dalam rumah agar menangkal masuknya virus pada tubuh.

Tidurlah yang cukup dan berkualitas kurang lebih tujuh hingga delapan jam dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hindari begadang malam.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading