Heboh Foto Syur, Raja Thailand Angkat Selir Jadi Ratu?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 January 2021 10:05
Selir raja Thailand. (Dok IG: royalworldthailand)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dilaporkan menjadikan permaisuri Sineenat Wongvajirapakdi sebagai ratu kedua negara. Padahal 2020 lalu, Sineenat sempat dipermalukan dengan dicopot gelarnya dan dipenjara karena dianggap tidak menghormati kerajaan.

Pengangkatan gelar ratu kepada Sineenat dilakukan pada hari Selasa (26/1/2021), saat mereka merayakan ulang tahunnya yang ke-36. Pengangkatan ini dianggap sebagai hadiah khusus untuk Sineenat.


Dilansir dari Sputnik yang mengutip laporan media Blind, saat pengangkatan status, baik Raja dan Sineenat mengenakan mantel biru yang serasi. Mereka terlihat mengambil bagian dalam upacara tradisional Buddha untuk menandai acara di dermaga Waskuri di Bangkok.

Namun hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari kerajaan. Sebelumnya Thailand sudah memiliki Ratu yakni Suthida Phatcharasuthaphimonlak, yang merupakan istri sah keempat Raja Maha.



Sebelumnya, Selir Sineenat memang menjadi sorotan media beberapa bulan ini. Pasalnya foto-foto pribadinya tersebar di media sosial. Foto itu disebut berasal dari ponsel pribadi sang Selir. Beberapa foto bahkan disebut intim.

Meski begitu, ia terlihat makin mesra dengan sang Raja. Pertengahan Januari lalu, ia dan raja mengunjungi penjara dalam agenda khusus kerajaan.

Kunjungan tersebut dilakukan saat keluarga kerajaan meningkatkan penampilan publik menyusul protes massa yang menuntut reformasi pada monarki. Melansir Reuters, dalam segmen buletin malam kerajaan di saluran TV negara dan swasta raja dan istri memeriksa proyek di penjara di seluruh Thailand, termasuk membantu menyapu halaman penjara.

Sebagaimana diketahui Thailand kini masih dilanda protes massa yang meminta Perdana Menteri Prayuth Chan-ochua mundur. Massa juga menuntut pembatasan kekuasaan raja dan penghapusan aturan konservatif, yang memandang raja sebagai Tuhan dan anti kritik.

Istana tidak mengomentari secara resmi protes yang telah berlangsung berbulan-bulan. Namun Raja Maha sempat buka suara mengenai masyarakat yang memprotesnya.

"Kami mencintai mereka semua sama," kata Raja kepada Channel 4 News.

Selir Sineenat disebut jadi alat pencitraan kerajaan untuk menarik hati masyarakat. Ia yang berusia 35 tahun sempat bergabung dalam beberapa acara dan digambarkan sebagai sosok cantik, ramah dan energik mewakili kelompok muda negara itu.

Sineenat sendiri dinobatkan sebagai istri raja tahun 2019. Namun sejumlah kontroversi sempat menghampirinya mulai dari dipenjara karena dianggap "tidak setia" terhadap kerajaan hingga menyebarnya foto-foto syur dirinya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading