Hamdalah, Madinah Jadi Kota Tersehat Dunia Versi WHO

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 January 2021 13:03
People make their way before prayer at Al-Masjid an-Nabawi or the Prophet Muhammad's Mosque, the second holiest site in Islam, after the annual hajj pilgrimage on last day of Eid al-Adha, in the Saudi holy city of Medina, Thursday, Sept. 15, 2016. (AP Photo/Nariman El-Mofty)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menetapkan Madinah di Arab Saudi sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Kota suci umat Islam ini memperoleh akreditasi itu setelah tim WHO berkunjung.

Melansir Arab News, Senin (25/1/2021), Madinah diyakini sebagai kota pertama dengan populasi lebih dari 2 juta yang telah memenuhi standar kota tersehat WHO. Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan membantu mempersiapkan akreditasi tersebut.


Penghargaan ke Madinah juga berkat bekerja sama otoritas dengan Universitas Taibah. Kemitraan ini terkait pencatatan persyaratan pemerintah ke platform elektorik guna peninjauan organisasi.

Melansir WHO, kota sehat adalah kota yang senantiasa menciptakan dan memperbaiki lingkungan fisik dan sosial serta mengembangkan sumber daya masyarakat.

"Ini memungkinkan masyarakat untuk saling mendukung dalam menjalankan seluruh fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal," tulis lembaga itu.

Sebelumnya, Madinah memang meluncurkan program "Kota Manusiawi". WHO mengimbau agar lembaga pendidikan memberi bantuan pelatihan ke kota-kota Arab lain agar bisa mengikuti jejak Madinah.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading