Sudah Punya? 10 Tanaman Hias Aglonema Cantik Wajib Dikoleksi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 January 2021 15:33
Aglonema Lipstik (Tangkapan Layar Tokopedia/Habitart nursery)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bertanam dan merawat tanaman hias kini bisa menjadi semacam investasi, bagi mereka yang melihat peluang ini.

Salah satu rekomendasi untuk bertanam yang sedang hits adalah tanaman hias jenis aglonema. Ternyata ada ratusan varietas aglonema yang berbeda dalam keanekaragaman warna daun.


Berikut adalah 10 tanaman aglaonema yang cocok dikoleksi dikutip dari Epic Gardening.

1. Aglonema Modestum

Nama lainnya adalah aglonema Cemara Cina atau Chinese Evergreen. Tumbuhan ini memiliki daun hijau dengan lurik putih yang menjulang dari batang hijau.

Tanaman ini bisa juga dipakai untuk pembersih udara teratas. Bahkan NASA, lembaga luar angkasa AS, juga menjadikannya maskot pembersih udara.

2. Aglonema Nitidum

Tanaman ini memiliki warna daun hijau tua. Ia termasuk uni dibanding aglonema lain dan sering disebut aglonema merak. Tumbuhan ini menyukai cahaya yang rendah.

3. Aglonema Widuri

Aglonema widuri atau red peacock ini adalah salah satu jenis tanaman yang cukup populer. Karakteristiknya memiliki warna daun hijau dan memiliki urat berwarna merah.

Tanaman ini akan semakin mahal jika urat warna merahnya semakin cerah dan mendominasi. Tanaman ini, tetap harus disimpan dalam kondisi cahaya tidak langsung dan langsung.

Aglaonema red peacock. IstFoto: Aglaonema red peacock. Ist
Aglaonema red peacock. Ist

4. Aglonema Cutlass

Tanaman jenis Cutlass ini mempunyai fisik daun yang menjuntai mirip seperti belati. Selain wujud fisiknya, warna dari aglaonema ini pun cukup unik karena memiliki warna permukaan hijau-putih lembut dengan guratan-guratan tengah hijau gelap di tepian daunnya.

Guratan yang ada itu seolah menghasilkan tampilan yang hidup meskipun ditanam di dalam atau luar ruangan.

5. Aglonema Emerald Bay

Emerald Bay memiliki warna hijau tua dan perpaduan abu-abu ditengahnya. Varietas ini lebih tahan terhadap kondisi cahaya redup daripada banyak jenis lainnya. Hal ini menjadikannya pilihan tanaman rumah yang sempurna.

6. Aglaonema Harlequin

Dalam kondisi cahaya redup, Harlequin berwarna hijau tua dengan bintik-bintik kuning dan berurat merah muda. Varietas tanaman ini cukup populer diburu pecinta tanaman.

7. Aglonema Silver Queen

Nama aglonema Silver Queendiambil dari warna tanamannya yang putih dengan kombinasi bercak hijau pada daunnya. Mama bisa tempatkan tanaman cantik ini dengan pot minimalis agar lebih cantik.

Jenis aglonema ini terbilang umum dan gampang ditemukan di pasaran. Selain itu, untuk menanam dan menumbuhkannya di rumah sangat mudah karena sanggup hidup dengan baik dengan berbagai kondisi dengan asupan cahaya minim hingga sedang.

8. Aglonema Silver King

Silver King sangat mirip dengan Silver Queen. Tanaman ini tidak memiliki cukup banyak garis seperti chevron yang melintasi daunnya.

9. Aglonema 'Suzy'

Aglonema ini punya nama dan tampilan yang cantik sehingga tak asing lagi terdengar untuk penyuka tanaman hias.

Aglonema ini memiliki daun hijau segar dengan semburat bercak merah muda yang melintang pada bagian tengah daunnya. Namun, aglonema jenis ini harus memiliki asupan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan jenis aglonema yang lain.

10. Aglonema Red Gold

Tanaman rumah cantik ini tumbuh dengan baik baik tanaman indoor maupun outdoor. Tepi daunnya dibatasi dengan warna merah, membingkai interior yang sangat hijau.

Urat daun pada tanaman ini juga memiliki semburat merah, seperti halnya batangnya. Yang ini adalah pilihan populer untuk pekebun yang teduh.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading