Wajib Punya! Tanaman Hias Terpopuler Istagram & Perawatannya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 January 2021 08:32
monstera rhaphidophora (Ist Shopee)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias kini menjadi bagian penting dalam dekorasi. Tidak hanya memberi kesegaran, tanaman hias juga menambah kehangatan dan keaslian ruangan.

Baru-baru ini, Instagram (IG) telah memeringati "Hari Apresiasi Tanaman Rumah" dengan mengumpulkan postingan tanaman dari pemilik akun Instagram dengan tagar seperti #houseplant #cactusofinstagram, #hoyalover, #monsteramonday atau #fiddleleaffigfriday.


Sejauh ini tanaman paling populer di Instagram adalah kaktus, dengan hampir 24 juta tagar. Kemudian disusul Hoya dengan sedikit lebih dari 2 juta tagar dan Monstera dengan 1,6 juta tagar.

Secara umum ada 6 tanaman paling populer di Instagram, berikut adalah tanaman itu dan cara merawatnya!

1. Kaktus

Sebelum melakukan perawatan, perlu diketahui ada ratusan jenis kaktus, dan perawatannya pun juga dapat bervariasi. Secara umum, kaktus harus dibiarkan mengering sepenuhnya di antara penyiraman, dan setiap penyiraman ketiga harus mencakup pemupukan dengan campuran yang mengandung nitrogen, fosfor dan kalium.

Gunakan pupuk yang larut dalam air untuk tanaman yang lebih kecil dan pupuk butiran kasar untuk tanaman yang lebih besar. Jika Anda akan menanam kembali tanaman kaktus baru, simpanlah di tempat teduh hingga berakar, lalu beri sinar matahari yang cukup.

Gunakan campuran tanah dengan 50 persen perlite atau campuran tanah yang memiliki drainase baik dalam pot yang berukuran 1½ kali lebih lebar dari bola akar atau batang tanaman.

Kaktus Natal (Piqsels.com)Foto: Kaktus Natal (Piqsels.com)
Kaktus Natal (Piqsels.com)

2. Hoya

Tanaman satu ini memiliki bunga yang berbentuk seperti pola bintang dengan permukaan semi glossy dan ada lebih dari 300 spesies dalam kategori tersebut. Setiap jenis memiliki ciri khasnya masing-masing yang cantik dan menarik.

Tanaman Hoya dengan daun yang lebih tebal membutuhkan lebih sedikit air, dan daun yang lebih tipis memerlukan air yang lebih banyak. Jadi, pilihlah tanaman berdasarkan pada seberapa konsisten menurut Anda Anda akan merawatnya.

Gardeningknowhow.com menyarankan untuk menempatkan pot hoya di bawah sinar matahari atau tidak langsung agar mekar sempurna. Suhu terbaik dalam merawatnya adalah 60 derajat hingga 80 derajat.Jika tanaman tidak mekar, maka tanaman itu membutuhkan lebih banyak sinar matahari.

Hoya CompactaFoto: Hoya Compacta
Hoya Compacta

3. Monstera

Daun berbentuk hati dari tanaman ini mulai berlubang seiring bertambahnya usia, sehingga diberi julukan "Swiss Cheese Plant". Tanaman tahunan tropis berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan mudah tumbuh di dalam ruangan, menurut thespruce.com.

Untuk perawatannya, tanaman ini membutuhkan cahaya terang atau sinar matahari tidak langsung, sehingga ambang jendela yang cerah atau sudut dekat jendela adalah tempat yang sempurna.

Gunakanlah pot tanah dan air berbasis gambut saat tanah terasa hampir kering.Untuk menguji kekeringan, lakukan tes pada buku jari. Tempelkan jari Anda di tanah hingga ke buku jari Anda untuk melihat seberapa basah atau keringnya.

Monstera menyukai kelembapan, jadi ini tanaman yang ideal untuk kamar mandi. Jauhkan dari hewan peliharaan Anda, karena ini bisa beracun.

Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)Foto: Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)
Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)

4.Lidah Mertua

Tanaman sekeras ini biasa disebut lidah mertua atau Sansevieria. Lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman yang multifungsi yakni menjadi elemen dekoratif yang alami. Serta memberikan segudang manfaat untuk kesehatan.

Apartmenttherapy.com merekomendasikan untuk memilih tanaman dengan daun hijau tua dan menyimpannya di dalam pot yang terbuat dari bahan berpori, seperti terakota, dengan campuran tanah yang bisa dikeringkan.

Jaga tanaman Anda dalam cahaya tidak langsung dan berikan air hanya bila tanah benar-benar kering. Anda bisa menggunakan pupuk slow release, ketimbang makanan organik. Agar tanaman tidak layu akibat kelebihan nutrisi yang diserapnya.

Halaman 2>>>

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading