Diramal Jadi Tren 2021, Begini Cara Merawat Tanaman Pakis

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
06 January 2021 18:20
Blue star fern. (Dok: Istimewa Pexels

Jakarta, CNBC Indonesia - Hobi merawat tanaman hias tampaknya masih akan berlanjut hingga 2021 ini. Bahkan, sejumlah tanaman hias diprediksi bakal menjadi tren pada tahun ini, salah satunya blue star fern atau pakis bintang biru.

Dilansir Hortmag, pakis bintang biru merupakan tanaman hias yang termasuk ke dalam kelompok Phlebodium aureum, asalnya dari daerah tropis di Amerika Selatan dan Amerika Utara.


Pakis bintang biru biasanya tumbuh sebagai epifit, artinya tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya.

Tapi jangan khawatir pusing untuk merawatnya. Ternyata cara merawat tanaman hias pakis ini cukup mudah. Dilansir dari HaiBunda, agar pakis ini tumbuh baik, hindari meletakkannya langsung di bawah sinar matahari. Pasalnya, pakis ini lebih menyukai cahaya terang tidak langsung, tapi terfilter, dan menyebar.

Dilansir dari Bloomscape, pakis menyukai ruangan yang lembap. Siram tanaman hias pakis ini setiap hari ya. Anda bisa meletakkannya di dalam kamar mandi atau dapur yang terkena cahaya tapi juga lembap.

Tanaman ini dapat hidup pada suhu 14-27 derajat Celcius. Di luar batas tersebut, pakis tak akan bertahan. Pertahankan juga kelembapan tanah secara konsisten dengan menyiram secara menyeluruh setelah permukaan tanah dirasa kering. Pastikan pula drainase yang baik.

Anda tak perlu terlalu sering memberinya pupuk. Beri pupuk ringan setiap 2-3 bulan sekali saat tanaman sedang tumbuh aktif.

Tanah tanaman hias pakis juga harus selalu lembap, tapi tidak banjir air. Biarkan tanah tetap kering agar daunnya tidak mudah mati.

Jika ingin tanaman hias pakis tumbuh subur, potong daun yang berubah warna dengan gunting tajam. Kalau ranting berubah warna cokelat atau tidak berdaun, sebaiknya dicabut saja dari akarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading