6 Drakor Kontroversial, dari Hina Sejarah hingga Adegan Mandi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 January 2021 11:40
Crash Landing On You (2019): 8.8

Jakarta, CNBC Indonesia - Drama Korea (drakor) kini menjadi tontonan paling populer. Tidaklah heran bila setiap waktu selalu banyak drama terbaru yang bermunculan dan banyak ditonton orang.

Dari sekian banyak drama yang tayang, beberapa di antaranya ada yang kontroversial dan menuai kritikan dari publik. Kontroversi itu terkait cerita atau adegan yang ditampilkan dalam drama.


Lantas apa sajakah itu, berikut paparannya dikutip dari Insertlive.

1. Crash Landing on You

Crash Landing on Youmerupakan salah satu drama paling populer pada 2020. Namun, di akhir-akhir penayangannya, drakor yang dibintangi Hyun Bin ini dilaporkan Partai Liberal Kristen.

Laporan itu dibuat karena drama ini dianggap memuliakan Korea Utara dan melanggar Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Keamanan Nasional. Laporan pelanggaran drama produksi tvN ini sudah dilaporkan ke Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Korea Selatan pada 10 Januari lalu.

Crash Landing on You (Imdb/tvN)Foto: Crash Landing on You (Imdb/tvN)
Crash Landing on You (Imdb/tvN)

Penggemar drama romantis ini pun banyak yang meradang. Mereka menyebut bahwa drama ini hanya fiksi belaka, dan menganggap laporan Partai Liberal Kristen terlalu berlebihan.

2. The King: Eternal Monarch

Drama ini merupakan salah satu drama yang paling ditunggu di 2020. Namun sayang, drama yang tayang sejak 17 April 2020 itu menuai banyak kritik.

Drama come back Lee Min Ho dan Kim Go Eun di layar kaca ini menuai berbagai kontroversi, mulai dari latar sejarah dalam cerita hingga akting para pemainnya. Salah satu yang menjadi permasalahan besar adalah munculnya siluet kuil Jepang di video pembuka drama ini.

Hubungan Jepang-Korea yang masih sentimentil hingga sekarang membuat banyak warga Korea Selatan yang menuntut gambar itu dihapus. Akhirnya karena desakan itu, pihak produksi menghapus siluet tersebut dan meminta maaf kepada penonton.

The King: Eternal Monarch (2020): 8.5Foto: The King: Eternal Monarch (2020): 8.5
The King: Eternal Monarch (2020): 8.5

3. Backstreet Rookie

Drama Backstreet Rookie diketahui banyak kecaman di awal penayangannya. Hal itu lantaran drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung ini menampilkan adegan ciuman antara siswi SMA dan pria dewasa.

Mengutip Newsi, KCSC (Korea Communications Standards Commission) memutuskan memberi sanksi hukum untuk drama yang sudah berakhir masa tayangnya tersebut.

"Sanksi hukum tidak dapat dihindari karena tim drama tersebut memuat konten proaktiv demi menaikkan rating, yang akhirnya menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pemirsa," ujar perwakilan KCSC.

Tidak hanya adegan ciuman saja, Backstreet Rookie juga dikritik lantaran memunculkan suara desahan pada adegan mandi. Drama juga menampilkan kata-kata makian serta bahasa gaul yang kasar.

Backstreet RookieFoto: Backstreet Rookie
Backstreet Rookie

Halaman 2>>

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading