6 Drakor Kontroversial, dari Hina Sejarah hingga Adegan Mandi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 January 2021 11:40
It's Okay To Not Be Okay (2020): 9

4. It's Okay to Not Be Okay

Drama yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji adalah drama yang populer dan banyak disukai tahun ini. Tetapi pada penayangannya, drama ini mendapat sanksi hukum dari KCSC.

Drama ini dianggap memuat unsur pelecehan seksual. Terdapat adegan yang masuk kategori pelecehan verbal eksplisit.


"Mempertimbangkan bahwa itu adalah ekspresi untuk menonjolkan karakter-karakter dalam drama, fakta bahwa konten siaran yang mungkin berfokus pada libido pada objek non-seksual yang melambangkan organ seks dan membenarkan pelecehan seksual dengan jelas menunjukkan kurangnya kepekaan gender dari tim produksi," ujar Heo Mi Sook perwakilan KCSC saat itu.

"Pelecehan verbal berlebihan yang ditayangkan selama masa perlindungan penonton remaja merusak kehidupan bahasa yang benar dari penonton, dan sanksi hukum pun tidak bisa dihindari," lanjutnya.

It's Okay to Not Be OkayFoto: It's Okay to Not Be Okay (ist)
It's Okay to Not Be Okay

5. Homemade Love Story

Drama Korea terbaru Homemade Love Story mendadak menuai kontroversiusai menayangkan adegan yang dipandang memuat unsur mesum dan pelecehan seksual. Drama tersebut menampilkan adegan di mana karakter Lee Bit Chae Woon (Jin Ki Joo) yang salah mengira Woo Jae Hee (Lee Jang Woo) adalah orang mesum dan memukul kepalanya.

Usai dipukul, karakter Woo Jae Hee pun jatuh dan hilang kesadaran. Saat dalam kondisi tidak sadar, handuk mandi yang ia kenakan dalam adegan itu tersingkap hingga memperlihatkan tubuhnya telanjang bulat.

Area intim yang tersingkap itu pun diberi sensor. Namun, pihak produksi memasukkan suara gajah yang memicu kontroversi penggambaran alat kelamin tertentu. Karena hal itu, pihak produksi pun akhirnya meminta maaf. Mereka mengaku akan lebih hati-hati untuk episode-episode selanjutnya.

"Kami dengan rendah hati menerima suara ketidaknyamanan pemirsa sehubungan dengan beberapa adegan," ujar perwakilan tim produksi.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuatnya lebih hati-hati di masa depan," lanjutnya.

Homemade Love StoryFoto: Homemade Love Story
Homemade Love Story

6. Mr. Queen

Drama Korea terbaru Desember,Mr. Queen, mendapat sambutan meriah di penayangan perdana. Rating dua episode awal juga terbilang tinggi yaitu 8 dan 8,8 persen.

Namun, di samping kesuksesan itu, ada kontroversi yang membuat beberapa warga Korea Selatan mengkritik drama ini. Kontroversi itu terkait dengan sejarah yang jadi latar drama.

Ada suatu adegan di mana Ratu So Yong (Shin Hye Sun) yang sebenarnya adalah pria modern, memberi pujian pada Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun). Ia mengatakan Raja Cheoljong tak seburuk yang dikisahkan sejarah dan menyebut catatan sejarah atau jirashi Dinasti Joseon hanya gosip belaka.

Padahal, catatan sejarah itu telah ditetapkan sebagai harta nasional ke-151 oleh Pemerintah Korea. Catatan ini juga terdaftar dalam daftar memori dunia UNESCO

Menanggapi hal ini, pihak produksi pun angkat suara. Mereka menjelaskan bahwa drama ini sebenarnya diangkat dari sebuah web drama China berjudul Go Princess Goyang merupakan adaptasi novel Princess Amity. Pihak produksi mengakui kelalaian mereka karena tidak teliti soal dialog yang ternyata menyinggung sejarah Korea.

Mr. QueenFoto: Mr. Queen
Mr. Queen

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading