Demam, Batuk, dan Sederet Tanda Covid-19 yang Perlu Diketahui

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 January 2021 09:25
Infografis/5 Tanda  yang Jarang Disadari  Jika Seseorang Terpapar COVID-19/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - PandemiĀ Covid-19 masih belum berakhir. Apalagi di akhir tahun banyak momen libur panjang yang diikuti lonjakan kasus. Untuk itu kalian perlu tahu ciri Covid-19 dari gejala yang biasanya dialami pasien.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC Amerika Serikat (AS), gejala awal bisa muncul dalam rentang waktu dua hingga 14 hari setelah seseorang terpapar virus. CDC menyebutkan ada 11 gejala awal seseorang dengan Covid-19, dikutip dari laman resminya, Senin (4/1/2021).

Salah satu gejala awalnya adalah adanya demam atau kedinginan, serta juga batuk dan sakit kepala. Selain itu adapula sesak napas atau kesulitan bernapas.

Kelelahan juga jadi gejala awal Covid-19, termasuk juga adanya nyeri otot ataupun tubuh. Gejala yang juga kerap jadi perbincangan adalah pasien positif Covid-19 kehilangan kemampuan untuk merasa atau bau.

Sementara itu sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau meler, mual atau muntah serta diare juga disebutkan jadi gejala awal seseorang terkena Covid-19.

CDC juga tidak menutup kemungkinan adanya gejala lain yang akan dirasakan pasien positif Covid-19. Lembaga itu menuturkan segera menginformasikan jika ada gejala baru lagi.

Dalam situs resmi organisasi kesehatan John Hopkins Medicine menyatakan, gejala awal tidak semuanya sama pada setiap orang. Ada yang mengalami kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan atau demam.

John Hopkins menyebutkan jika Covid-19 bisa diawali dengan gejala ringan pada awalnya. Lalu menjadi lebih parah dalam lima hingga tujuh hari, terparahnya dengan adanya batuk dan kesulitan bernapas, atau beberapa orang mengalami gejala pneumonia.

John Hopkins juga menyebutkan bisa saja seseorang terkena Covid-19 tanpa adanya gejala. Selain itu juga bisa tanpa salah satunya misalnya mengalami batuk tanpa demam.

"Ada beberapa orang yang terinfeksi tanpa adanya gejala atau merasakan sakit. Ini pula mengapa sangat penting untuk menggunakan masker dan melakukan physical distancing dan menjaga kebersihan tangan. Orang-orang bisa terkena Covid-19 dan tidak menyadarinya namun masih bisa menular kan pada orang lain," kata John Hopkins.



Sementara itu, berdasarkan WHO ini gejala Covid-19 mulai dari ringan hingga gejala serius. Jika kalian mendapati gejala ini ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis.

Gejala yang paling umum:

Demam
Batuk kering
Kelelahan

Gejala yang sedikit tidak umum:

Rasa tidak nyaman dan nyeri
Nyeri tenggorokan
Diare
Konjungtivitis (mata merah)
Sakit kepala
Hilangnya indera perasa atau penciuman
Ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Gejala serius:

Kesulitan bernapas atau sesak napas
Nyeri dada atau rasa tertekan pada dada
Hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading