Musim Hujan Waspada Flu, 8 Makanan Ini Bisa Cegah Flu Lho

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
03 January 2021 08:10
FILE PHOTO: Organic vegetables are pictured in an organic supermarket in Berlin, Germany, January 31, 2013.   REUTERS/Fabrizio Bensch/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal tahun baru ini memang identik dengan musim hujan, sehingga tak jarang bisa disebut sebagai musim flu. Ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, flu sedikit tak ayal membuat kita agak paranoia.

Dikutip dari Boldsky, beberapa orang yang sering kali terkena flu biasanya karena sistem kekebalan tubuh lemah dan kebiasaan yang tidak bersih. Oleh karena itu, penting untuk mencegah tubuh terkena flu dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat.


"Makan makanan yang sehat membantu memastikan bahwa sistem kekebalan Anda cukup kuat untuk melawan infeksi," ujar dokter pengobatan pencegahan di Nashville, Tennessee, dr. Cedrina Calder, dikutip dari detikcom.

Dikutip dari detikcom yang melansir Eat This, berikut delapan makanan yang bisa mencegah flu di tengah musim hujan:

1. Makanan Bervitamin A
dr. Calder mengatakan makanan yang megandung vitamin A berperan penting dalam melawan infeksi. Vitamin A banyak terdapat di dalam makanan seperti ubi, wortel, labu, bayam dan brokoli.

2. Makanan Bervitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan menstimulasi sel kekebalan tubuh. Beberapa makanan dengan sumber vitamin C terbaik di antaranya paprika, brokoli, buah jeruk, dan berry.

3. Selada Air
Selada air adalah makanan yang sangat rendah kalori namun kaya vitamin, mineral, dan padat nutrisi. Faktanya, selada air menempati peringkat makanan paling padat nutrisi di daftar Buah dan Sayuran Powerhouse CDC, karena kandungan mineralnya, termasuk magnesium, kalsium, mangan, kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

"Seperti sayuran silangan lainnya, selada air kaya akan antioksidan penawar radikal bebas yang memperkuat sel Anda dan melindungi sistem kekebalan," jelas ahli gizi dr. Daryl Gioffre.

4. Makanan Bervitamin D

Vitamin D mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan penyakit flu. Masukan menu makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan berlemak termasuk salmon, tuna, dan mackerel untuk dikonsumsi secara rutin.

5. Seledri

Seledri tinggi serat larut dan tidak larut serta kandungan mineral penting yang baik untuk sistem kekebalan, membantu menetralkan asam dan racun di tubuh. Seledri juga mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

6. Makanan Bervitamin E
Selain vitamin A, vitamin C, dan vitamin D, tubuh juga memerlukan vitamin E yang mengandung antioksidan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak seperti almond, hazelnut, minyak bunga matahari, dan biji bunga matahari memiliki vitamin E dalam jumlah yang cukup.

7. Alpukat

dr. Gioffre mengatakan alpukat adalah sumber Glutathione yang baik, dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan. Alpukat juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E untuk mencegah penyakit flu.

8. Makanan dengan Zinc
Zinc adalah mineral yang diperlukan untuk perkembangan dan fungsi sel kekebalan. Makanan laut seperti tiram, kepiting, dan lobster merupakan sumber zinc.


[Gambas:Video CNBC]

(wia/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading