Dear Bunda, Ini 7 Tips Diet ala Yunani yang Bikin Awet Muda

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 December 2020 20:00
Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Steve Buissinne from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak dahulu, diet ala Yunani terkenal sebagai cara terbaik dalam menurunkan berat badan dan membuat awet muda. Sebab, diet ala Yunani lebih menekankan apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Hal itu diperkuat dengan sebuah petikan dari Hypocratus, penemu ilmu kedokteran berasal dari Yunani kuno, yang hingga kini sumpahnya digunakan untuk pengangkatan dokter di seluruh dunia. Hypocratus pernah mengatakan "Diatrofi sou pharmako sou", yakni yang berarti "Makananmu adalah obatmu".

Lalu apa sajakah 7 tips diet ala Yunani tersebut? Berikut tipsnya, sebagaimana ditulis oleh Hartati Nurwidjaya, penulis buku Hidangan Sehat Ala Mediterania (Hikmah, 2008).

1. Minyak zaitun
Orang Yunani rajin menyantap salad dengan minyak zaitun sebagai sausnya (dressing). Minyak zaitun sendiri mengandung antioksidan yang tinggi, dapat mencegah kolesterol tinggi, mencegah diabetes, dan penuh dengan vitamin E tinggi untuk mencegah keriput.

2. Salad Yunani

Salad ala Yunani biasanya terdiri dari tomat, timun, bawang yang disajikan sebagai menu pembuka. Kandungan air yang tinggi dari tomat dan timun menjaga asupan air ke tubuh lebih banyak.


Itulah sebabnya untuk diet disarankan banyak minum air dan buah yang mengandung banyak air. Tak hanya tomat dan timun, kamu juga bisa mengkonsumsi buah semangka yang banyak kandungan airnya. Selain itu, semuanya juga dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

3. Makan kacang-kacangan dua kali seminggu
Biasanya orang Yunani memasak lentil yang mirip kacang hijau. Lentil dimasak hampir sama seperti bubur kacang hijau, hanya bedanya tidak diberi gula dan santan, tetapi diberi bumbu irisan bawang merah dan tomat serta garam dan merica.



4. Perbanyak konsumsi ikan, kurangi daging merah
Orang Yunani sangat jarang makan daging mrah. Biasanya daging dimakan dengan campuran sayuran yang disebut gyros; sayatan daging ayam dengan campuran irisan tomat, irisan sayuran hijau sejenis kale, irisan bawang, saus tzatziki, yaitu yogurt dicampur dengan minyak zaitun dan irisan ketimun.

Yunani dikenal sebagai daerah yang dikelilingi pantai sehingga hidangan laut merupakan pilihan utama. Hidangan laut seperti ikan sangat bagus untuk sumber mineral dan omega-3.

5. Yogurt dan madu
Orang Yunani juga senang mengkonsumsi yoghurt dan madu. Di Indonesia mudah didapatkan kefir atau Greek yogurt dengan harga yang bervariatif.

6. Buah sebagai camilan
Orang Yunani juga diketahui senang memakan buah sebagai camilan. Di Indonesia sebenarnya sudah ada makanan ringan buah-buahan yang bahkan mudah ditemui dimana-mana, salah satunya rujak.

Namun, usahakan untuk tidak mengkonsumsi saus rujak sebab bahan gula merahnya memiliki kalori yang cukup tinggi. Jika ingin diet, biasakan makan buah tanpa gula ya.

7. Bergerak dan olahraga
Selain diet asupan makanan, orang Yunani sejak zaman dahulu senang berolahraga. Bahkan olahraga lari marathon juga berasal dari Yunani. Selain itu, Ibu-ibu di Yunani sangat jarang mempunyai pembantu. Semua pekerjaan dikerjakan sendiri. Sehingga bisa menjadi 'olahraga' pembakar kalori.

BERITA SELENGKAPNYA >>> KLIK DI SINI


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading