5 Tanaman Hias Merah Indoor Ini Cocok Buat Dekorasi Natal

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
25 December 2020 15:45
amarilis (Ist Piqsels.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain pohon Natal dan aksesorisnya, tanaman hias bisa juga menjadi alternatif mempercantik dekorasi rumah untuk merayakan Natal bersama keluarga.

Ada berbagai tanaman hias berwarna merah dan hijau yang cocok untuk mewarnai nuansa Natal di rumah.

Seperti dikutip dari HaiBunda, berikut lima tanaman hias yang cocok untuk menghiasi rumah dengan nuansa Natal:


1. Kaktus Natal
Tanaman hias Kaktus Natal akan semakin menarik perhatian ketika bunganya yang berwarna merah, pink, atau putih bermekaran.

Dilansir Gardeners' World, cara merawat tanaman hias kaktus Natal cukup mudah. Tanaman hias ini menyukai sinar mentari yang cerah.

Tanam tanaman hias Kaktus Natal di dalam pot, pajang di area yang terkena sinar matahari terang. Misalnya saja diletakkan di sebelah jendela menghadap ke timur atau barat. Lalu siram hanya ketika tanah di pot sudah kering.

Kaktus Natal (Piqsels.com)Foto: Kaktus Natal (Piqsels.com)
Kaktus Natal (Piqsels.com)

2. Cyclamen
Tanaman hias bunga ini bermekaran dengan berbagai pilihan warna, termasuk merah tentunya.

Dikutip dari House Beautiful, ada pula bunga warna pink, putih, hingga ungu. Daunnya juga tak kalah cantik dengan bentuknya seperti hati, juga berwarna hijau dengan corak perak.

Perawatan tanaman cyclamen cukup mudah. Tempatkan cyclamen di area yang terkena sinar matahari langsung serta mendapat udara sejuk. Jaga tanahnya agar tetap lembap ya.

cyclamen (Ist Piqsels.com)Foto: cyclamen (Ist Piqsels.com)
cyclamen (Ist Piqsels.com)

3. Amarilis
Amarilis begitu memanjakan mata dengan bunganya yang berwarna merah cerah. Perpaduan warna merah pada bunga, serta daun dan batang hijau menawan, membuatnya cocok sekali untuk hiasan saat perayaan Natal di rumah.

Untuk perawatannya, tanam tanaman hias bunga amarilis di pot dengan tanah yang lembap. Letakkan di dekat jendela yang terkena sinar matahari terang.

Jangan letakkan tanaman hias bunga ini di tempat yang gelap sebab amarilis bisa cepat layu, kemudian mati.

amarilis (Ist Piqsels.com)Foto: amarilis (Ist Piqsels.com)
amarilis (Ist Piqsels.com)

4. Kastuba Merah
Bicara soal tanaman hias indoor warna merah, rasanya kurang lengkap tanpa poinsettia atau kastuba merah. Warna tanaman hias ini didominasi merah dan hijau.

Warna merah ini kebanyakan muncul pada daun bagian atas. Sementara hijau ada di bagian bawahnya.

Kunci agar tanaman ini tetap tumbuh dengan baik adalah dengan menyiraminya secara hati-hati. Jangan sampai memberi terlalu banyak air sampai menggenang.

kastuba (Ist Piqsels.com)Foto: kastuba (Ist Piqsels.com)
kastuba (Ist Piqsels.com)

5. Pansy
Tanaman hias ini sangat cantik, terutama dengan warna merah tuanya. Pansy ini bisa menghasilkan bunga dengan dua warna, kuning pada bagian dalam, sedangkan merah di sisi luarnya.

Daunnya kecil-kecil dan berwarna hijau muda. Tanaman hias ini bisa ditanam indoor maupun outdoor, sehingga cocok buat hiasan rumah.

pansy (Ist Piqsels.com)Foto: pansy (Ist Piqsels.com)
pansy (Ist Piqsels.com)

[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading