Bunda, Ini 4 Cara Ampuh Rawat Tanaman Hias Indoor

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 December 2020 16:10
monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna) Foto: monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini tanaman hias indoor tengah digemari untuk menghiasi ruangan seperti tempat tidur, hingga kamar mandi. Merawat dan menjaga tanaman hias ternyata susah-susah gampang.

Ada beberapa tanaman hias indoor yang tumbuh subur jika terkena cahaya matahari secara langsung. Namun, ada pula yang justru menyukai cahaya redup.

Berikut adalah cara dasar merawat tanaman hias indoor dikutip dari Hai Bunda.


1.Cahaya

Cahaya adalah bagian terpenting dalam perawatan tanaman hias indoor. Saat membeli tanaman, pastikan Anda menanyakan kebutuhan cahaya yang diperlukan bagi tanaman hias indoor. Supaya tak salah dalam merawatnya.

Biasanya tanaman hias memerlukan cahaya tinggi, sedang, hingga rendah, baik itu sinar matahari langsung maupun tak langsung. Tanaman hias indoor memang diletakkan dalam ruangan, tapi bukan berarti tak bisa mendapat cahaya mentari.

Cahaya langsung buat tanaman hias indoor bisa didapat dari arah jendela rumah. Anda bisa letakkan tanaman hias indoor dekat jendela dan hadapkan ke arah selatan misalnya, jika ingin mendapat cahaya sempurna.

Sementara cahaya tak langsung biasanya dihasilkan oleh lampu ataupun sinar matahari yang terhalang seperti jendela tertutup tirai.

Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)Foto: Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)
Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)

2.Air

Umumnya tanaman hias indoor disiram ketika bagian atas tanah mulai mengering. Metode penyiraman seperti ini memang diperuntukkan bagi sebagian tanaman hias indoor.

Tanaman hias sukulen menjadi salah satu contoh yang hanya perlu disiram saat tanah benar-benar kering. Namun beberapa juga perlu dijaga agar tanahnya tetap lembap.

Tanaman hias yang memiliki kebutuhan khusus dalam penyiraman, bisa Bunda tandai ya. Supaya sehari-harinya tidak salah siram.

Selanjutnya lihat di halaman berikut ini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tembus Rp 200 Miliar, Mengapa Tanaman Hias Ini 'Mahal Gila'?


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading