Ayo Beli Sebelum Mahal! Tanaman Hias Ini Bakal Hits di 2022

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
03 January 2022 12:05
Aglaonema suksom. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia -- Merawat dan mengoleksi tanaman hias telah menjadi hobi baru yang diadopsi banyak masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan sejak pandemi. Selain menjadi elemen dekorasi yang dapat mempercantik sebuah ruangan, sejumlah tanaman hias juga memiliki nilai ekonomi tinggi yang bisa menguntungkan ketika dijual kembali. 

Di tahun 2022 ini, tren mengoleksi tanaman hias diprediksi akan terus berlanjut. Lalu, bagaimana tren tanaman hias setahun ke depan? 

Dilansir dari Spruce, berikut beberapa tanaman hias yang diprediksi bakal tren di tahun 2022:


Tanaman Dedaunan Merah & Ungu

Orang-orang menyukai tanaman berwarna-warni karena cantik dan sedap dipandang. Tanaman dengan daun berwarna merah dan ungu diprediksi akan menjadi tren di tahun 2022. 

"Tanaman beraneka warna merah muda masih tren. Di Costa Farms ada peningkatan minat pada tanaman yang memiliki warna merah dan ungu," Justin Hancock, manajer pemasaran senior di Costa Farms.

"Kami melihat banyak minat pada varietas baru seperti Costus erythrophyllus 'Two Toner' (yang menampilkan daun berwarna merah-ungu yang indah), Peperomia caperata 'Schumi Red' (yang memiliki dedaunan merah-ungu yang berkilau), dan Geogenanthus ciliatus (kerabat Tradescantia yang menawarkan dedaunan ungu-hitam)."

Meski ada tanaman baru di kebun, bukan berarti tanaman yang lama akan hilang. Mereka tetap mendapat tempat di hati banyak orang.

"Varietas yang sudah teruji seperti Zamioculcas Raven®, Colourful Aglaonema, dan varietas Cane Begonia sama populernya seperti sebelumnya," kata dia.

Philodendron Micans

Penjualan philodendron tahun lalu meroket karena meningkatnya popularitas tanaman hias tersebut. Philodendron populer karena relatif mudah dirawat. "Mican sangat indah karena daunnya yang lembut dan beragam warna hijau dan oranye. [Ini] pasti akan lebih populer tahun depan," tambahnya.

Sementara beberapa tanaman dalam keluarga Philodendron yang lain, seperti philodendron berbentuk hati, masih lebih mudah dirawat dibandingkan dengan beberapa tanaman lain yang tidak biasa.

Pada umumnya keluarga Philodendron perlu ditanam di tanah yang dikeringkan dengan baik, selain itu tanaman ini lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung, meskipun mereka akan tetap hidup dalam cahaya yang lebih minim.

Aroid Langka

Banyak orang jatuh cinta dengan tanaman langka karena bagus untuk ditambahkan ke koleksi. Namun tak bisa dipungkiri bahwa dalam beberapa kasus mereka dapat memiliki label harga yang lumayan.

"Di antara kolektor tanaman, varietas aroid langka dan tidak umum seperti Alocasia, Epipremnum, Monstera, Philodendron, Rhaphidophora, Scindapsus, dan sejenisnya masih berada di atas daftar keinginan para pencinta tanaman," kata Hancock.

Syngonium

Syngonium lebih menyukai cahaya terang walaupun sebenarnya mereka adalah tanaman yang dapat mentolerir cahaya rendah. Meski begitu, ketika ditempatkan di ruang minim cahaya, Syngogium dapat mengubah variegasi dan pewarnaan daunnya.

"Syngonium tumbuh dengan cepat, mudah dirawat dan ditemukan dalam banyak warna," kata Harryson, ahli tanaman di aplikasi Planta.

Kebanyakan orang menemukan bahwa menyiram syngoniums satu hingga dua kali per minggu adalah rumus yang terbaik. Tetapi pastikan dua inci atas tanah kering sebelum menyiramnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Tanaman Hias yang Bawa Cuan dan Keberuntungan!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading